Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Final Elite Pro Academy Liga 1 U-20: Adu Penalti, Persebaya Juara

Sabtu, 12 Oktober 2019 22:40 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Persebaya Surabaya keluar sebagai juara Elite Pro Academy U-20 Liga 1 2019. Hal tersebut dipastikan setelah tim Bajul Ijo mengalahkan Barito Putera dengan skor 3-3 (adu penalti 3-0) dalam partai puncak yang digelar Sabtu (12/10/19) malam di Stadion I Wayan Dipta Gianyar.

Persebaya membuka skor pada menit ke-12 lewat Mochamad Supriadi. Gol ini bermula dari kesalahan antisipasi penjaga gawang Barito Putera dalam menghadapi tendangan bebas. Vengko Armedya yang menerima bola langsung memberi bola ke Supriadi dan berbuah gol.

Pada menit ke-44, kapten Persebaya yakni Rifky Afryan mendapatkan kartu merah. Ia menekel Sandy Ferizal yang sudah lolos berada sendirian di depan gawang dari belakang. Hal ini sempat membuat laga terhenti karena Rifky melakukan protes.

Ternyata, tendangan bebas tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Barito Putera dan mengubah skor menjadi 1-1. Sepakan bebas yang dieksekusi oleh Delan Selang itu berbuah gol usai melewati pagar betis. Ernando Ari Sutaryadi tak mampu mengalau derasnya sepakan Selang.

Persebaya kembali unggul 2-1 pada menit ke-58 lewat penyelesaian akhir apik Supriadi dengan kaki kiri. Penyerang Timnas Indonesia U-19 itu mencetak gol dari sisi kiri setelah menerima umpan dari Brylian Aldama.

Keunggulan itu ternyata hanya bertahan satu menit. Barito Putera kembali menyamakan kedudukan lewat Kahar Musakkar. Nama terakhir melakukan sundulan ke arah tiang jauh usai menerima umpan silang Sandy Ferizal dari sisi kanan.

Unggul jumlah pemain, Barito Putera berbalik unggul pada menit ke-83. Kahar mencetak gol kedua Barito lewat titik putih. Tendangannya ke arah kiri mengecoh Ernando. Penalti tersebut sendiri terjadi usai Kemaluddin handsball di kotak terlarang.

Situasi menjadi dramatis ketika pemain Barito, Sandy, dikartu merah pada menit ke-90. Imbangnya jumlah pemain berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Bajul Ijo. Brylian mencetak gol pada menit ke-90+4 usai menerima sepak pojok dari sisi kanan di tiang jauh.

Laga kemudian berlanjut ke perpanjangan waktu. Namun, kedua tim terlihat kekelahan dan cukup kesulitan membuat peluang berarti. Laga kemudian dilanjutkan ke babak adu penalti usai wasit Naufal Adya meniupkan peluit panjang.

Barito Putera tampak sebagai pesakitan dalam babak adu penalti. Dari tiga tendangan, tim asuhan Andi Abunawas tak bisa mencetak satu pun gol. Tendangan pertama yang dilakukan Rizky Iswantur melebar ke arah kiri. Selanjutnya, sepakan Herudin dan Yuswanto Aditya ditepis oleh Ernando Ari.

Sementara, Persebaya mencetak tiga dari empat kesempatan penalti. Sepakan pertama Denny Agus melebar ke sisi kiri. Namun, ekseskusi kedua dan ketiga Rizky Ridho dan Rizky Ramadhan berbuah gol. Muhammad Haykal kemudian tampil sebagai penentu kemenangan Bajul Ijo.

Keberhasilan eksekusi penalti Haykal langsung disambut selebrasi oleh rekan setimnya. Hasil ini membuat Persebaya Surabaya U-20 mendapatkan trofi dan hadiah sebesar 300 juta rupiah. Sedangkan, Barito Putera berhak atas uang sebesar 200 juta rupiah.

Daftar Susunan Pemain Persebaya vs Barito Putera U-20:

Persebaya: Ernando Ari Sutaryadi; Rifky Afryan, Rifqi Arya, Rizky Ridho; Arief Catur Pamungkas, Brylian Aldama, Muhammad Kemaluddin, Zulfikar Arifin; Dian Ardiansyah, Mochamad Supriadi, Vengko Armedya.

Pelatih: Uston Nawawi.

Barito Putera: Januarius Meka; Dian Ramadhan, Kahar Musakkar, Yuswanto Aditya, Zamzam Nasrulloh; Jadug Arya, Moch. Sandy Ferizal, Muhammad Firly, Ryan Setyo Nugroho, Abelia Tacchinardi; Delan Selang.

Pelatih: Andi Abunawas.