Liga Indonesia

Kontra BaBel United Kembali Ditunda, PSMS vs Persiraja Bagaimana?

Sabtu, 12 Oktober 2019 06:28 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Situasi latihan PSMS Medan di Stadion Kebun Bunga usai laga kandang Liga 2 2019 menghadapi BaBel United kembali ditunda. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Situasi latihan PSMS Medan di Stadion Kebun Bunga usai laga kandang Liga 2 2019 menghadapi BaBel United kembali ditunda.

INDOSPORT.COM - Jadwal pertandingan Liga 2 2019 Wilayah Barat antara PSMS Medan vs BaBel United kembali ditunda, lantas bagaimana laga kandang selanjutnya menghadapi Persiraja Banda Aceh?

Kabar buruk kembali menimpa PSMS Medan. Pasalnya, laga tunda pekan ke-19 Liga 2 2019 Wilayah Barat melawan Aceh BaBel United yang akan digelar di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sabtu (12/10/2019) sore, dibatalkan.

Ini menjadi kedua kali laga melawan BaBel United ditunda. Sebelumnya pertandingan yang seharusnya digelar 27 September lalu ini ditunda karena tidak mendapat izin keramaian dari Polrestabes Medan.

Menurut pengakuan pihak klub, saat itu tidak mendapat izin dari Polrestabes Medan karena di waktu yang sama ada aksi unjuk rasa besar di Kota Medan.

Namun kali ini laga tunda ini dibatalkan karena kekhawatiran terjadinya konflik dan mengganggu situasi Kamtibmas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 September mendatang.

Hal itu berdasarkan surat dari Polres Deli Serdang yang menarik atau mencabut surat rekomendasi izin keramaian kepada panitia pelaksana (Panpel) pertandingan PSMS Medan yang telah dikeluarkan pada 8 Oktober kemarin.

Ketua Panpel PSMS, Julius Raja mengatakan, karena terkait pelantikan presiden sehingga tidak hanya laga lawan BaBel United saja yang dibatalkan, tapi laga Persiraja Aceh pada 17 Oktober mendatang di Stadion Baharuddin Siregar juga dibatalkan.

"Iya, laga lawan Persiraja juga dibatalkan. Tidak hanya laga lawan BaBel United. Sebab kita surati pihak kepolisian sekalian untuk pertandingan lawan Persiraja," katanya kepada awak media, Jumat (11/12/19) malam.

© Aldi Aulia/INDOSPORT
Skuat PSMS Medan. Copyright: Aldi Aulia/INDOSPORTPSMS Medan kembali mengalami penundaan jadwal pertandingan karena alasan keamanan jelang pelantikan Presiden Jokowi.

Lanjut Julius, pihak kepolisian menyarankan agar pertandingan tersebut digelar setelah tanggal 20 September pasca pelantikan presiden.

"Untuk lawan BaBel United kemungkinan akan digelar setelah pelantikan presiden. Untuk mainnya bisa saja di Medan atau di Lubuk Pakam," lanjut pria yang akrab disapa King itu.

Namun lanjut Julius, untuk pertandingan lawan Persiraja dapat digelar sesuai jadwal pada tanggal 17 Oktober mendatang. Dengan opsi lain yakni digelar diluar Sumatera Utara (Sumut).

"Kita sudah berbicara dengan pihak Persiraja bahwa bisa saja laga lawan mereka tetap tanggal 17 (Oktober) dengan syarat main di Langsa (Aceh)," kata King lagi.

"Namun terkait ini semua, kami masih berkoordinasi dengan pihak PT. LIB terkait penundaan ini. Jadi kita tunggu saja," pungkasnya.

Jika memang pertandingan PSMS vs Persiraja digelar sesuai jadwal tapi digelar di luar Medan, tentu saja ini menjadi kerugian untuk Ayam Kinantan. Pasalnya mereka harus memainkan laga kandang di markas lawan.

Padahal PSMS Medan saat ini sedang membutuhkan poin penuh di dua pertandingan terakhir di Liga 2 2019 Wilayah Barat untuk bisa lolos ke babak 8 besar.