Bola Internasional

Meski Belanda Menang, 2 Blunder Matthijs de Ligt Tak Termaafkan

Sabtu, 12 Oktober 2019 12:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Matthijs de Ligt melakukan blunder saat laga Belanda vs Irlandia Utara pada Kualifikasi Euro 2020. Dean Mouhtaropoulos/Getty. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Matthijs de Ligt melakukan blunder saat laga Belanda vs Irlandia Utara pada Kualifikasi Euro 2020. Dean Mouhtaropoulos/Getty.

INDOSPORT.COM – Bek muda Timnas Belanda, Matthijs De Ligt, melakukan dua kesalahan yang tak bisa dimaafkan, meskipun telah membantu timnya menang 3-1 atas Irlandia Utara pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020, Jumat (11/10/19) malam WIB.

Dua kesalahan itu dilakukan De Ligt pada menit ke-75 pertandingan, hanya dalam jarak waktu 10 detik saja yang berujung gol pertama untuk kubu Irlandia Utara.

Berawal dari sebuah tendangan pojok di area pertahanan Belanda, De Ligt gagal menyapu bola ke tengah lapangan dan membuat para pemain Irlandia Utara makin gencar melakukan tekanan di area terlarang.

Blunder pertama itu disusul dengan kegagalan bek muda Juventus menghalau bola melambung tepat di depan gawang. Dia membiarkan striker Irlandia Utara, Josh Magennis, melompat di atasnya dan melakukan sundulan yang berbuah gol.

Gol pertama untuk Irlandia Utara tersebut jelas membuat tim asuhan Michael O’Neil ini ketir-ketir karena terjadi hanya 15 menit sebelum akhir pertandingan.

Untungnya, mereka bisa cepat bangkit dan membalasnya dengan tiga gol sekaligus saat menit-menit akhir. Mantan penyerang Manchester United, Memphis Depay, mencetak dua gol, kemudian Luuk de Jong mengunci kemenangan dengan satu gol tambahan.

Timnas Belanda keluar sebagai pemenang atas Irlandia Utara dengan skor 3-1. Tiga poin tambahan memastikan mereka sebagai juara grup C dengan 12 poin dari lima pertandingan, dan berpeluang besar lolos ke Euro tahun depan.

Dua kesalahan Matthijs de Ligt pada laga Belanda vs Irlandia Utara di Kualifikasi Euro 2020 tersebut memperpanjang performa buruk pemain 19 tahun tersebut sejak awal musim.

Pemain yang pindah ke Juventus dari Ajax musim panas kemarin juga melakukan blunder saat Derby D’Italia melawan Inter Milan di Giuseppe Meazza, Senin (07/10/19) kemarin.

Blunder berupa handball itu berbuah penalti untuk Inter Milan menyamakan kedudukan jadi 1-1. Beruntung, Juventus menang usai Gonzalo Higuain mencetak gol pada menit ke-80.