Liga Indonesia

Persipura Pindah ke Tenggarong Hanya untuk 2 Laga Kandang Liga 1

Sabtu, 12 Oktober 2019 20:54 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Basri/INDOSPORT
Stadion Aji Imbut akan menjadi kandang sementara Persipura Jayapura di dua laga kandang Shopee Liga 1 2019. Copyright: © Muhammad Basri/INDOSPORT
Stadion Aji Imbut akan menjadi kandang sementara Persipura Jayapura di dua laga kandang Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura hanya akan memainkan dua laga kandang di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara yakni menghadapi Arema Malang dan Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019.

Hal tersebut disampaikan Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun usai mengikuti pertemuan darurat bersama perwakilan sejumlah klub peserta Liga 1 dan PT LIB, di Bali, Sabtu (12/10/19).

Bento menuturkan, keputusan untuk menggelar dua laga kandang tersebut di Tenggarong dengan alasan sulit mendapatkan izin keamanan jika harus digelar di Sidoarjo.

"Ada dua pertandingan kandang yang tidak bisa kita gelar di Sidoarjo yakni lawan Arema dan Persebaya melihat pada situasi dan kondisi keamanan disana," ujar Bento kepada wartawan.

Kata Bento, langkah tersebut juga merujuk pada kesepakatan yang terjalin antara pihak perwakilan klub dan PT LIB dalam pertemuan di Bali.

Dalam pertemuan itu, jelas Bento ada beberapa hal krusial yang telah disepakati salah satunya yakni kompetisi harus berakhir pada 22 Desember nanti.

Untuk merealisasikan hal tersebut, sejumlah klub dan PT LIB telah menyapakati bahwa yang harus dilakukan yakni jadwal pertandingan tidak boleh berubah terutama pada hari, tanggal dan bulan

"Selain itu, laga harus tetap digelar dengan atau tanpa penonton atau pindah venue yang ditentukan oleh tuan rumah apabila tidak dapat izin untuk menggelar pertandingan."

"Apabila pihak keamanan tidak memberikan izin harus dilakukan komunikasi dan begitu pula dengan jika diizinkan tanpa penonton maka harus dilakukan seperti itu."

"Jika tidak bisa dilakukan tanpa penonton maka harus digelar di venue alternatif dan seluruh klub harus punya venue alternatif," terangnya.

Persipura sendiri saat ini memiliki dua markas alternatif yakni di Tenggarong dan Sidoarjo, mengingat Stadion Mandala yang menjadi markas utama Persipura sedang dalam masa renovasi.

Begitupun dengan Stadion Papua Bangkit yang belum bisa digunakan karena belum juga diresmikan.