Liga Indonesia

Bukan Persija, Ini Klub Liga 1 yang Dapat Lisensi AFC Tanpa Syarat di 3 Musim Terakhir

Senin, 14 Oktober 2019 13:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

INDOSPORT.COM - Terdapat dua klub Liga 1 yang dalam 3 musim terakhir mendapatkan lisensi AFC tanpa syarat dan salah satunya bukan Persija Jakarta.

Memiliki lisensi AFC membuat klub-klub Liga 1 bisa tampil di level internasional baik itu bermain di Piala AFC maupun Liga Champions Asia.

Untuk mendapat lisensi internasional tersebut, klub-klub Liga 1 ini menjalani proses yang begitu ketat dari AFC (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara/ASEAN).

Ada lima poin yang mesti dijalankan oleh wakil Liga 1 jika ingin mendapatkan lisensi. Kriterianya adalah olahraga, infrastruktur, personel dan administasi, hukum, dan keuangan.

Lisensi AFC sendiri berlaku selama satu musim saja. Sehingga tiap tahun perwakilan klub di tiap negara ASEAN mesti mendaftarkan ulang.

© INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu
Ilustrasi perjalanan klub-klub Indonesia di kompetisi Asia (Foto: INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu) Copyright: INDOSPORT.COM/Tiyo BayuIlustrasi perjalanan klub-klub Indonesia di kompetisi Asia (Foto: INDOSPORT.COM/Tiyo Bayu)

Keputusan atau hasil lisensi AFC terbagi menjadi tiga kategori yaitu Granted (lolos), Granted with Sanction (lolos dengan syarat), dan Rejected (ditolak).

Untuk kategori 'granted', klub sudah pasti bisa tampil di level Asia. Sedangkan 'granted with sanction' juga sama tetapi mesti segera memenuhi syarat yang kurang.

Nah, sejak kompetisi Liga 1 bergulir pada 2017 lalu, sejauh ini hanya ada dua klub saja yang selalu lolos dengan catatan tanpa syarat dalam meraih lisensi AFC.

Dua klub yang dimaksudkan ialah Arema FC dan Persib Bandung. Keduanya dinyatakan lolos dan menjadi klub profesional standar AFC.

Pada 2017 lalu, Arema FC dan Persib telah mengajukan verifikasi sejak April. Namun lima bulan kemudian, tepatnya Oktober, hasil baik didapat keduanya.

© INDOSPORT
Logo Arema FC vs Persib Bandung. Copyright: INDOSPORTLogo Arema FC vs Persib Bandung.

Di 2018, Persib dan Arema FC mendapatkan lisensi AFC usai menerima surat verifikasi dengan nomor nomor 002/CLC-PSSI/X/2018.

Sedangkan musim 2019 ini, Persib dan Arema FC kembali mendapat lisensi AFC tanpa syarat. Bahkan kategori keduanya adalah 'granted'.

Melihat Arema FC dan Persib mendapatkan lisensi AFC secara beruntun dapat membuat kontestan lain di Liga 1 dapat mengikuti jejak keduanya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%