Bola Internasional

Italia Lolos ke Euro 2020, Roberto Mancini Dipuji Marcello Lippi

Senin, 14 Oktober 2019 10:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Roberto Mancini, pelatih Timnas Italia. Copyright: © INDOSPORT
Roberto Mancini, pelatih Timnas Italia.

INDOSPORT.COM – Roberto Mancini mendapat pujian dari eks Pelatih Inter Milan, Marcello Lippi, setelah sukses membawa timnas Italia lolos ke turnamen Euro 2020.

Timnas Italia menjamu Yunani pada Kualifikasi Euro 2020 di Stadio Olimpico, Minggu (13/10/19) dini hari WIB. Pertandingan itu berujung kemenangan 2-0 untuk tim asuhan Mancini dan memastikan tiket putaran tiket Euro 2020.

Keberhasilan Italia ini membuat para pendukungnya bersuka cita karena mereka jadi tim kedua yang lolos ke Euro 2020 dengan mencatat 100 persen kemenangan, mengikuti jejak timnas Belgia.

Salah satu sosok yang ikut merayakan keberhasilan itu yakni Marcello Lippi. Pelatih legendaris tersebut diketahui pernah mengantarkan timnas Italia memenangkan Piala Dunia 2006 silam.

“Saya cukup beruntung menjadi seorang juara dunia (bersama timnas Italia), rasanya seperti menggapai puncak dunia,” kata Lippi melansir dari Calciomercato.

“Mancini melakukan hal-hal yang hebat dengan timnas Italia saya berharap dia memenangkan banyak pertandingan sebagai pelatih timnas,” lanjutnya.

Diketahui, timnas Italia di bawah asuhan Mancini telah mencatat tujuh kemenangan beruntun di kualifikasi Euro 2020. Ini menyamai pencapaian pelatih senior Ferruccio Valcareggi, yang sudah tutup usia, serta Giovanni Trapattoni, yang mengantar Italia menang dalam tujuh laga resmi.

Mancini kini tinggal selangkah lagi menyamai rekor Vittorio Pozzo, yang mengantarkan Gli Azzuri memenangi sembilan pertandingan resmi secara beruntun dalam kurun waktu 1938-1939.

Peluang mematahkan pencapaian Pozzo itu sangat terbuka karena Italia masih menyisakan tiga laga di penyisihan Grup J kualifikasi Euro 2020, yakni melawan Liechtenstein (16/10/19), Bosnia (16/11/19), dan Armenia (19/11/19).