Liga Indonesia

Profil Bakal Calon Ketua Umum PSSI: Rahim Soekasah: Siap Bawa Timnas Juara

Senin, 14 Oktober 2019 22:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Rahim Soekasah dan Doli Sinomba maju dalan perebutan kursi Ketua Umum PSSI. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Rahim Soekasah dan Doli Sinomba maju dalan perebutan kursi Ketua Umum PSSI.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Rahim Soekasah, bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023. 

Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 dijadwalkan berlangsung pada 2 November mendatang. Dalam kongres nanti akan ditentukan sosok ketua umum PSSI, wakil ketua umum dan para anggota Komite Eksekutif (Exco).

Komite pemilihan telah meloloskan delapan nama sebagai bakal calon ketua umum PSSI di kongres 2 November mendatang. Keputusan itu masuk dalam Surat Keputusan (SK) nomor 3/10/2019 tentang Daftar Calon Sementara Ketum PSSI. 

Dari kedelapan nama itu, salah satu yang cukup diperhitungkan adalah Rahim Soekasah. Rahim Soekasah merupakan salah satu sosok yang cukup familiar di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Chairman dari klub Australia, Brisbane Roar itu mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 berpasangan dengan Doli Sinumba Siregar. 

Rahim Soekasah dan Doli Sinumba resmi menyatakan maju melalui deklarasi yang digelar di kediaman Rahim Soekasah di bilangan Jakarta Selatan, Senin (23/09/19).

Rahim Soekasah mengaku murni maju sebagai ketua PSSi dengan tujuan untuk memperbaiki sepak bola Tanah Air. 

"Maksud kami adalah benar murni memperbaiki sepakbola di Indonesia ini," ujarnya kepada INDOSPORT.  

Rahim Soekasah merasa memiliki modal pengalaman yang dibutuhkan untuk mengisi posisi krusial ini. 

"Saya paling senior paling aktif membina sepakbola 35 tahun di klub liga atas Indonesia. Di Pelita Jaya saya pernah selain itu (jjuga) badan timnas PSSI, badan pembinaan muda PSSI di Uruguay (SAD),"

Mengenal Sosok Rahim Soekasah

Bagi sosok Rahim Soekasah, PSSI dan sepak bola Indonesia bukanlah hal yang baru karena dirinya cukup lama berkecimpung di persepakbolaan Indonesia.

Pria lulusan pendidikan di Jerman itu pernah menjadi manajer dan pelatih di klub Pelita Jaya, yang dimiliki oleh keluarga Bakrie. 

Di bawah tangan dinginnya, Pelita Jaya pernah dibawanya memenangi kompetisi Galatama) sebanyak 4 kali, dari 6 musim kompetisi tersebut sebelum dibubarkan tahun 1994.

© Courier Mail
Rahim Soekasah. Copyright: Courier MailRahim Soekasah, bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023.

Prestasi itulah yang membuatnya sangat dekat dengan sang pendiri klub tersebut, Nirwan Bakrie. Keduanya bersahabat baik. Namun sayang, seiring berjalannya waktu kondisi klub Pelita Jaya carut marut, sebelum akhirnya hilang.

Rahim Soekasah kini dipercaya Nirwan Bakrie, untuk mengelola klub satu-satunya yang masih menjadi miliknya 100 persen, yakni Brisbane Roar yang berkompetisi kasta tertinggi liga Australia, A-League.

Janji Rahim Soekasah

Rahim Soekasah tak main-main maju sebagai calon ketua PSSI. Salah satu janji yang ia usung adalah memperbaiki performa Timnas Indonesia. 

Menurut Rahim, selama ini ada semacam missing link yang menyebabkan prestasi Timnas Indonesia menurun ketika memasuki usia senior. Persoalan inilah yang ingin diperbaiki oleh Rahim Soekasah. 

"Saya mengerti betul kekurangan di PSSI dan timnas kita. Banyak yang tanya (kenapa) kalau timnas muda maju (berprestasi) dan senior hilang. Saya tahu persis kenapa ya, kalau jadi ketum PSSI akan memperbaiki itu," ujarnya. 

Tak tanggung-tanggung Rahim pun menjanjikan trofi Piala AFF dan menancapkan prestasi di Asia. 

"Lima tahun mendatang juara Piala AFF, selanjutnya Asia, nggak mau cari angin surga," katanya. 

Tak cuma soal prestasi Timnas, Rahim Soekasah juga ingin menjaga integritas PSSI sebagai lembaga yang bersih. "Insyallah kalau jadi ketum dan dibantu Doli, PSSI kedepannya akan bersih, berintegritas dan berprestasi," 

Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 dijadwalkan berlangsung pada 2 November mendatang. Dalam kongres nanti akan ditentukan sosok Ketua Umum PSSI, wakil ketua umum dan para anggota Komite Eksekutif (Exco).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%