Liga Indonesia

4 Pemain yang Layak Jadi Starting di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Selasa, 15 Oktober 2019 12:38 WIB
Editor: Coro Mountana
© otaviodutra5_indonesia/INDOSPORT
Otavio Dutra dan 3 pemain Timnas Indonesia lainnya yang layak jadi starter lawan Vietnam. Copyright: © otaviodutra5_indonesia/INDOSPORT
Otavio Dutra dan 3 pemain Timnas Indonesia lainnya yang layak jadi starter lawan Vietnam.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia dalam hitungan jam akan melakoni sebuah laga hidup mati di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan melawan Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Kalah tiga kali dari Uni Emirat Arab, Thailand, dan Malaysia membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia menjadi mengecil. Mau tidak mau skuad asuhan Simon McMenemy wajib mengalahkan Vietnam demi menjaga asa ke Piala Dunia.

Oleh karena itu, Simon McMenemy saat ini dipastikan sedang memutar otak dengan keras mencari komposisi tim yang tepat untuk menaklukan Vietnam. Vietnam sendiri bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan.

Bersama pelatih Park Hang-seo, Vietnam kini menjelma menjadi tim terkuat di Asia Tenggara usai menjuarai Piala AFF 2019. Untuk itu, Simon McMenemy membutuhkan sosok-sosok pemain yang memang layak dijadikan starting lawan Vietnam, siapa saja?

Abduh Lestaluhu

© Youtube
Abduh Lestaluhu Copyright: YoutubeAbduh Lestaluhu

Pertama ada Abduh Lestaluhu yang bisa menjadi bek kiri andalan Timnas Indonesia menggantikan Gavin Kwan Adsit. Nama Abduh Lestaluhu rasanya layak direkomendasikan karena dirinya sendiri pernah memiliki kenangan manis melawan Vietnam.

Abduh Lestaluhu adalah salah satu pemain yang bermain dan menjadi saksi bagaimana Timnas Indonesia menyingkirkan Vietnam di Piala AFF 2016. Berbekal pengalaman itu, Abduh Lestaluhu seharusnya sudah tahu cara mengatasi serangan cepat Vietnam.

Stefano Lilipaly

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy didampingi Stefano Lilipaly saat preskon jelang melawan Vietnam. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy didampingi Stefano Lilipaly saat preskon jelang melawan Vietnam.

Masuknya Stefano Lilipaly di babak kedua saat Timnas Indonesia kalah dari Uni Emirat Arab nyatanya telah memberikan dampak postif. Akhirnya Timnas Indonesia berhasil mencatatkan shots on target pertamanya melalui Stefano Lilipaly meski itu lewat tendangan bebas.

Pergerakan liar ala Lilipaly dan kemampuannya memerankan false nine dapat menjadi senjata utama Timnas Indonesia dalam membongkar pertahanan Vietnam yang masih clean sheet di 2 laga awal. Apalagi, Lilipaly pernah membobol gawang Vietnam di semifinal Piala AFF 2016.

Otavio Dutra

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Lapangan Trisakti Legian, Badung, Minggu sore (13/10/19), sudah hadir bek Persebaya, Otavio Dutra. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTTimnas Indonesia menggelar latihan perdana di Lapangan Trisakti Legian, Badung, Minggu sore (13/10/19), sudah hadir bek Persebaya, Otavio Dutra.

Pemain naturalisasi yang baru saja bergabung dengan Timnas Indonesia, Otavio Dutra pun rasanya layak masuk dalam daftar ini. Dengan postur tubuh menjulang, Otavio Dutra dinilai dapat memberi jaminan rasa aman terhadap pertahanan Timnas Indonesia saat duel lawan Vietnam.

Terlebih Otavio Dutra pernah bekerja sama dengan Simon McMenemy di Bhayangkara, bahkan tim tersebut dibawa sampai juara. Tentu, Otavio Dutra sudah sangat memahami apa yang diinginkan oleh Simon McMenemy.

Selain itu, Otavio Dutra juga dapat diandalkan sebagai pemecah kebuntuan dengan overlapping menyundul bola hasil dari eksekusi bola mati. Dengan postur menjulangnya, seharusnya untuk memenangi duel udara menjadi hal sepele bagi Otavio Dutra.

Saddil Ramdani

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSaddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Terakhir ada Saddil Ramdani yang tercatat telah memberi satu asis saat Timnas Indonesia kalah dari Malaysia. Saddil Ramdani memang tak hanya diberkahi kecepatan saja, ia juga memiliki visi yang ditunjang operan akuratnya.

Di laga melawan Uni Emirat Arab sendiri, berkali-kali umpan silang Saddil Ramdani sangatlah membahayakan gawang lawan. Tentu harapan dari seluruh suporter Timnas Indonesia, Saddil Ramdani mampu memberikan umpan akuratnya lagi untuk mengalahkan Vietnam.