Bola Internasional

Terungkap, Wasit Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Pernah Rugikan Persija Jakarta

Selasa, 15 Oktober 2019 15:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© [email protected]_alkhudair
Wasit Turki Al Khudayr. Copyright: © Instagram@t_alkhudair
Wasit Turki Al Khudayr.

INDOSPORT.COMWasit Turki Al Khudair yang akan memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam, memiliki rekam jejak kontroversial.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) akan dipimpin Turki Al Khudair dan dibantu Muhammad Maki Al-Abakri dan Khalaf Zaid Al Shammari sebagai hakim garis.

Terpilihnya wasit asal Arab Saudi itu untuk memimpin pertandingan bisa menjadi sebuah hal tak mengenakan. Dengan kualitas dan standar tinggi layaknya wasit-wasit berlisensi FIFA lain, dia termasuk mudah mengeluarkan kartu kuning maupun merah dalam laga yang dipimpinnya.

Menurut data yang dihimpun Transfermarkt, Turki Al Khudair sudah mengeluarkan 287 kartu kuning, 15 kartu kuning, dan 37 penalti dalam 74 pertandingan yang dipimpinnya di berbagai kompetisi.

Royalnya Turki Al Khudair mengeluarkan kartu bahkan sempat memakan salah satu raksasa Liga Indonesia, Persija Jakarta, sebagai korbannya.

Kepemimpinan kontroversial Turki Al Khudair terjadi dalam pertandingan Piala AFC 2018 Persija Jakarta melawan Home United,  15 Mei 2018.

Kala itu Turki Al Khudair dianggap terlalu gampang mengeluarkan kartu, sehingga membuat bek Persija, Jaimerson Xavier, harus mendapatkan kartu merah saat laga baru berjalan 37 menit.

Bahkan protes keras kubu Persija Jakarta membuat kiper cadangan Daryono juga diusirnya dengan kartu merah pada menit ke-45.

© Foxsportlive/Twitter
Turki Alkhudairi, wasit yang memimpin laga Persija vs Home United di Stadion GBK. Copyright: Foxsportlive/TwitterWasit Turki Alkhudairi, saat memberikan kartu merah ke Jaimerson Xavier di laga Piala AFC 2018 laga Persija vs Home United di Stadion GBK.

Dalam kepemimpinan Turki Al Khudair itu, Persija pun harus menyerah dengan skor 1-3 meski bermain di kandangnya sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Untuk itu, menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti, sudah selayaknya timnas Indonesia untuk lebih sabar agar tak mudah mendapatkan kartu dari wasit Turki Al Khudair.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%