In-depth

Ada Peluang! Vietnam Selalu Bernasib Sial Setiap Kali Jumpa Timnas Indonesia

Selasa, 15 Oktober 2019 14:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Vietnam selalu bernasib sial setiap kali jumpa Timnas Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Vietnam selalu bernasib sial setiap kali jumpa Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Meski sangat kecil, Timnas Indonesia sejatinya masih memiliki peluang untuk mengalahkan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia berkat faktor ini.

Yaitu, rekor pertemuan yang ternyata lebih memihak ke Timnas Indonesia dari pada Vietnam. Berdasarkan data yang dihimpun dari WorldFootball.net, Timnas Indonesia sangat unggul dalam sisi rekor pertemuan.

Sejak 1991, Timnas Indonesia ternyata telah bertemu sebanyak 22 kali dengan Vietnam di berbagai ajang. Dari jumlah pertemuan itu, Timnas Indonesia menang 8 kali, 9 kali imbang, dan sisanya kalah dari Vietnam.

Dari catatan itu, tentu kesimpulannya adalah entah mengapa Vietnam yang saat ini telah menjadi Negara terkuat di Asia Tenggara berkat juara Piala AFF 2019 justru selalu bernasib sial tiap kali jumpa Timnas Indonesia.

Lantas seperti apa kisah Vietnam yang selalu bernasib sial dengan Timnas Indonesia, berikut INDOSPORT merangkumnya hanya untuk anda.

Piala AFF 2004

Ada banyak pertemuan Timnas Indonesia dengan Vietnam yang begitu melegenda dan sulit untuk dilupakan. Tapi dari semua pertemuan itu, rasanya laga di fase grup Piala AFF 2004 menjadi yang paling bersejarah bagi Timnas Indonesia.

Bagaimana tidak, bertanding di kandang Vietnam, Timnas Indonesia di luar dugaan tampil begitu luar biasa hingga sanggup menang 3-0. Mauli Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma, masing-masing mencetak satu gol yang menghancurkan harga diri Vietnam di depan pendukungnya sendiri.

Semakin menyakitkan bagi Vietnam karena kekalahan itu berdampak pada kegagalan mereka melaju ke semifinal Piala AFF 2004. Sejak saat itu pula, rivalitas Vietnam dengan Timnas Indonesia mulai memanas karena The Golden Star seperti ingin balas dendam ke tim Merah Putih.

Piala AFF 2010

Di Piala AFF 2010 memang Timnas Indonesia tidak bertemu dengan Vietnam tapi ajang tersebut menyimpan cerita manis bagi Simon McMenemy. Pelatih yang saat ini menangani Timnas Indonesia itu pernah membuat kejutan dengan membawa Filipina menang 2-0 atas Vietnam.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy saat preskon jelang melawan Vietnam. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy pernah mengantarkan Filipina menang atas Vietnam.

Semakin manis bagi Filipina karena dua gol kemenangan yang dicetak oleh Greatwich dan Phil Younghusband diciptakan di kandang Vietnam. Dengan kata lain, Simon McMenemy seharusnya sudah paham dengan gaya main Vietnam.

Piala AFF 2016

Di level senior, pertemuan terakhir Timnas Indonesia dengan Vietnam terjadi pada semifinal Piala AFF 2016. Ketika itu di leg pertama, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di Jakarta dengan skor 2-1.

Bertanding di leg kedua, Vietnam memborbadir pertahanan Timnas Indonesia tapi ternyata mereka hanya menang dengan skor 2-1 saja. Sehingga laga berlanjut ke extra time, beruntung mental juara membuat Timnas Indonesia mencetak satu gol kemenangan dan lolos ke final.

Padahal dalam laga ini, Vietnam sudah mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mengalahkan Timnas Indonesia. Tapi apa daya Vietnam memang entah mengapa selalu sial bila bertemu dengan Timnas Indonesia.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Terakhir, Park Hang-seo ternyata juga sudah pernah merasakan susahnya mengalahkan Timnas Indonesia. Tapi pertemuan itu terjadi di level U-23 di mana saat itu Vietnam bertemu dengan Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2020.

Memang Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri harus menelan kekalahan 0-1 dari Vietnam. Tapi gol kemenangan Vietanam baru hadir setelah melewati 90 menit, padahal saat itu mental Timnas Indonesia U-23 tengah hancur setelah sebelumnya dibantai Thailand.

Sadar bahwa Vietnam selalu bernasib sial dengan setidaknya kesulitan kala bertemu Timnas Indonesia, pelatih Park Hang-seo pun angkat bicara.

"Saya tidak peduli dengan rekor masa lalu. Di Piala AFF 2018, Vietnam tidak bertemu, tetapi saya pernah pergi ke Indonesia untuk melihat mereka bermain," kata Park Hang-seo, dikutip dari Bongda.vn.

Memang unik, ketika Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 pun terjadi saat mereka tidak bertemu Timnas Indonesia. Oleh karena itu, rekor pertemuan yang bagus seharusnya bisa menjadi motivasi lebih bagi Timnas Indonesia untuk membuat kejutan atas Vietnam, semoga demikian.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%