Bola Internasional

Alasan Simon McMenemy Memilih Yanto Basna Sebagai Kapten Timnas Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2019 04:58 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Yanto Basna usai laga uji coba Timnas Indonesia vs Bhayangkara FC Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Yanto Basna usai laga uji coba Timnas Indonesia vs Bhayangkara FC

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy menjelaskan keputusannya menjadikan Yanto Basna sebagai kapten melawan Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/19) malam.

Keputusan menjadikan pemain yang berkarier di Liga Thailand ini bisa dibilang cukup mengejutkan, karena Simon di tiga laga sebelumnya hanya memilih dua nama sebagai leader yakni Andritany Ardhiyasa dan Hansamu Yama Pranata.

Namun dalam laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam ini, Andritany dan Hansamu tak dimainkan. Pilihan pun akhirnya jatuh pada bek tengah kelahiran 12 Juni 1995 ini.

Simon pun kemudian mengungkapkan keputusannya memilih Basna. Menurutnya, pemain Sukhothai FC Thailand ini punya dua keunggulan yang layak membuatnya menjabat ban kapten.

"Yanto bisa bicara dengan pemain lain, bisa memberikan motivasi dan kenap respek. Secara general, dia sudah bermain bagus hari ini," ucap Simon McMenemy dalam jumpa pers usai pertandingan.

Simon McMenemy pun mengungkapkan sulitnya mencari kapten yang tepat. Dalam pengamatannya, pemain Timnas yang bisa jadi leader di Liga 1 hanyalah Hamka Hamzah.

"Kalau kita cari di liga, coba kasih tahu saya, siapa pemain Timnas yang ada di liga cocok jadi pemimpin. Mungkin terakhir kali ada kapten Timnas main bagus di liga adalah Hamka Hamzah. Setelah itu sulit dicari karena sedikit berlawanan dengan budaya Indonesia,"  pungkas Simon.