Bola Internasional

Bicara Soal Konsep Sepak Bola, Pep Guardiola adalah 'Anak' Johan Cruyff

Rabu, 16 Oktober 2019 19:25 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Laurent Blanc, mengaku tak cukup mampu mengimbangi konsep sepak bola 'anak' Johan Cruyff, Pep Guardiola. 

Laurent Blanc yang pernah bekerja sama dengan Guardiola pada musim 1996-1997 memuji pelatih Manchester City tersebut, yang menurutnya punya konsep sepak bola kompleks, cenderung gila, dan jenius. 

"Pep dan filosofinya tak mudah dimengerti jika kita tidak mengetahui sejarahnya kala bermain. Pep adalah anak Barcelona dan La Masia,

"Idenya dan identitasnya tercipta dari Barcelona dan yang terpenting dia layaknya anak Johan Cruyff di mana ia berkesempatan tumbuh dan bekerja untuk terus merombak idenya dan konsep sepak bola," puji :aurent Blanc.

Kekaguman Laurent Blanc ke Pep Guardiola telah dimulai sejak pria asal Spanyol tersebut memulai karier kepelatihannya di Barcelona selama empat musim.

Mantan pelatih PSG ini menolak anggapan bahwa gaya bermain yang diterapkan pelatih Manchester City ini terbantu oleh nama besar para pemain Blaugrana.

"Memang benar di Barcelona ada Messi, Xavi, Busquets, dan Iniesta. Tapi dia lah (Guardiola) yang menyatukan mereka dan membuat mereka memainkan permainan atraktif," lanjutnya.

Kemampuan Guardiola dalam melatih memang telah diakui dunia sepak bola. Sebelumnya, pujian juga pernah dilayangkan mantan penggawa Timnas Inggris, Wayne Rooney, yang menyebut pelatih berkepala plontos tersebut bisa membawa The Three Lions generasinya menjadi juara dunia.

Pep Guardiola tercatat telah melatih tiga klub sepak bola berbeda di tiga negara. Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City mampu dibawanya meraih kesuksesan baik di kancah domestik maupun Eropa.