In-depth

Melihat Blunder Yanto Basna Usai Ditunjuk Jadi Kapten Timnas Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2019 15:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© foxsports.co.id
Melihat Blunder Yanto Basna Usai Ditunjuk Jadi Kapten Timnas Indonesia. Copyright: © foxsports.co.id
Melihat Blunder Yanto Basna Usai Ditunjuk Jadi Kapten Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMYanto Basna dipercaya untuk menjadi kapten Timnas Indonesia laga keempat Kualfikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Vietnam, Selasa (15/10/19).

Menurut pelatih Simon McMenemy, Basna menjadi pemain yang cukup pantas mengemban tanggung jawab di atas lapangan. Karena Basna dinilai memiliki dua keunggulan sehingga layak mengenakan ban kapten.

"Yanto bisa bicara dengan pemain lain, bisa memberikan motivasi dan respek. Secara general, dia sudah bermain bagus hari ini," ucap Simon dalam jumpa pers usai pertandingan.

Pada pertandingan melawan Vietnam, Yanto Basna sendiri terlihat melakukan blunder fatal yang sangat merugikan Timnas Indonesia.

Yanto Basna sendiri bersentuhan langsung dalam tiga gol yang dicetak Vietnam. Kesalahan pertama Basna terjadi ketika salah mengantisipasi sepak pojok Vietnam.

Pemain bertahan Sukhotai tersebut seharusnya bisa melakukan clearances sempurna. Sayangnya, bola itu justru menyangkut di kaki Basna, dan dimanfaatkan oleh Do Duy Manh menjadi sebuah gol.

Pada awal babak kedua, Basna juga kembali melakukan sedikit kesalahan yang merugikan Timnas Indonesia. Dirinya terlambat melancarkan tekel kepada Do Hung Dung di kotak terlarang.

Alhasil, sang pengadil lapangan memberikan hadiah penalti kepada Vietnam. Que Ngoc Hai yang menjadi algojo pun berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Basna juga menjadi pemain yang paling dekat dengan pencetak gol ketiga Vietnam, Nguyen Tien Linh. Sayangnya, mantan pemain Persib Bandung itu kalah dalam kecepatan.

Akan tetapi, gol ketiga ini terjadi karena kesalahan komunikasi di lini pertahanan Timnas Indonesia. Basna yang bertugas sebagai kapten tak memberikan arahan untuk menggunakan perangkap offside.

Hingga akhirnya membuat Vietnam dengan leluasa menyodorkan umpan terobosan sempurna, yang dimaksimalkan dengan baik oleh Nguyen Tien Linh.

Timnas Indonesia sendiri berhasil mencetak satu gol di menit ke-84 melalui sepakan jarak dekat Irfan Bachdim setelah memaksimalkan operan Riko Simanjuntak.

Alhasil, Timnas Indonesia harus tumbang 1-3 dari Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ini merupakan kekalahan empat beruntun Tim Garuda di ajang tersebut.

Anak asuh Simon tersebut akhirnya tersungkur di dasar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 tanpa menorehkan satupun poin.