Liga Indonesia

Robert Rene Alberts Malah Pesimistis Usai Persib Kantongi Lisensi AFC, Ada Apa?

Rabu, 16 Oktober 2019 11:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Albert saat konferensi pers menjelang pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (15/7/19). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Albert saat konferensi pers menjelang pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (15/7/19). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Robert Rene Alberts menanggapi soal kepastian Persib Bandung menjadi salah satu tim Liga 1 2019 yang mendapat lisensi klub profesional dari AFC dengan status “Granted” alias lolos verifikasi 

Pasalnya, dengan mengantongi lisensi tersebut, Persib berhak mentas di kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh AFC musim depan, dengan catatan menjuarai atau paling tidak menduduki posisi runner-up Shopee Liga 1 2019. 

Selain Persib, terdapat lima klub lainnya di Indonesia yang meraih status “Granted”, antara lain Arema FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Dua tim lain, yakni Bali United dan Bhayangkara FC, hanya mengantongi status “Granted with sanction” atau lolos bersyarat. Lisensi tersebut tidak didapat secara cuma-cuma

Setiap tim harus melalui penilaian dan evaluasi atas lima kriteria utama, yakni, Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

"Tentang lisensi ini sangat bagus dan sekarang Persib Bandung diakui sebagai klub profesional dan memenuhi syarat untuk mentas di Piala AFC 2020," kata Robert Rene Alberts, Selasa (15/10/19). 

Meski begitu, pelatih asal Belanda ini mengaku tak mudah bagi Persib untuk mengikuti kompetisi internasional yang diselenggarakan AFC musim depan. Alasannya tak lain karena posisi mereka kini berada di peringkat ke-11 klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. 

Sehingga, pelatih berkebangsaan Belanda ini memilih fokus mengangkat dulu prestasi tim kebanggaan Bobotoh di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

"Perjuangan kami lolos ke Piala AFC 2020 cukup berat karena tak ada Piala Indonesia lagi tahun ini," pungkas Robert Rene Alberts. 

Sebagai informasi, Persib Bandung terakhir kali berlaga di Piala AFC 2015. Saat itu, tim Maung Bandung hanya bisa berlaga hingga babak 16 besar setelah kalah dengan skor 0-2 dari wakil Hong Kong, Kitchee SC, di Stadion Si Jalak Harupat. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%