Liga Indonesia

3 Pemain Naturalisasi yang Dibesarkan Luis Milla di Timnas Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2019 18:20 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Luis Milla resmi diperpanjang tangani Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Luis Milla resmi diperpanjang tangani Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Spanyol, Luis Milla Aspas, kembali diisukan bakal menangani timnas Indonesia setelah mendapatkan restu dari Kemenpora.

Mantan Sekjen PSSI, Ade Wellington, menyebut Luis Milla ingin kembali melatih timnas Indonesia. Selain itu, eks pelatih timnas muda Spanyol itu siap bernegosiasi mengenai masalah gaji.

“Saya sudah bertemu Luis (Milla) di wisma. Dia sebetulnya senang di Indonesia dan kesan pertama yang saya tangkap adalah uang bukan lagi prioritas utama," tulis Duta Besar RI untuk Spanyol, Hermono, dalam pesan singkatnya kepada Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Prestasi timnas Indonesia tengah jeblok setelah terpuruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Skuat Garuda menelan empat kekalahan beruntun, tiga di antaranya bahkan terjadi di kandang.

Setelah kalah dari Vietnam, pelatih Simon McMenemy mulai diminta turun dari jabatannya. Selama menangani timnas senior, Simon juga dinilai terlalu mengandalkan pemain naturalisasi.

Menggunakan pemain naturalisasi memang bukan perkara yang salah. Luis Milla semasa melatih timnas Indonesia ternyata tidak ‘alergi’ dengan pemain naturalisasi.

Menariknya, ada tiga pemain naturalisasi yang menjalani debut di timnas Indonesia di bawah kepelatihan Luis Milla. Berikut INDOSPORT mengulasnya untuk Anda.

Beto Goncalves

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves akan melakukan selebrasi usai mencetak gol. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBeto Goncalves melakukan selebrasi usai mencetak gol saat timnas Indonesia dilatih Luis Milla pada Asian Games 2018. Herry Ibrahim

Beto Goncalves kini menjadi tulang punggung timnas Indonesia di lini depan. Meski telah telah berusia 38 tahun, ia masih menunjukkan ketajamannya.

Siapa sangka, debut Beto Goncalves terjadi di era Luis Milla. Striker kelahiran Brasil itu menjalani debut bersama timnas Indonesia U-23 pada 31 Mei 2018.

Timnas Indonesia U-23 saat itu melakoni partai persahabatan melawan Thailand di Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Beto Goncalves turun sebagai starter bersama bek naturalisasi, Victor Igbonefo.

Beto Goncalves menyumbang assist di laga debut nonresmi bersama timnas Indonesia. Namun demikian, Garuda Muda yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018 kalah 1-2 dari Thailand.

Ezra Walian

© ezrawalian
Ezra Walian saat melakukan selebrasi Copyright: ezrawalianEzra Walian saat melakukan selebrasi saat membela timnas Indonesia di SEA Games 2017 kala dilatih Luis Milla

Luis Milla langsung memberi kesempatan debut Ezra Walian bersama timnas Indonesia sehari setelah mengantongi paspor Warga Negara Indonesia (WNI), tepatnya 21 Maret 2017.

Timnas senior yang mayoritas dihuni pemain U-23 untuk SEA Games 2017 menghadapi Myanmar yang didominasi pemain senior. Ezra Walian dimainkan di babak kedua menggantikan Ahmad Nur Hardianto.

Namun sayangnya, debut Ezra Walian tercoreng dengan kekalahan timnas Indonesia dari Myanmar di Stadion Pakansari, Bogor dengan skor 1-3.

Ilija Spasojevic

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tendangan keras Spaso berhasil digagalkan dua pemain Korea Utara. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTendangan keras Spaso berhasil digagalkan dua pemain Korea Utara.

Ilija Spasojevic menjalani debutnya bersama timnas Indonesia di era Luis Milla, tepatnya 18 November 2017 saat menghadapi timnas Suriah U-23 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Debut Ilija Spasojevic berjalan kurang mulus sebab timnas Indonesia takluk 0-1. Striker kelahiran Montenegro itu bahkan gagal melepaskan satu pun tembakan ke gawang.

Meski begitu, Luis Milla memberi pujian terhadap Ilija Spasojevic. Ia menilai striker yang kini membela Bali United itu bisa memberikan contoh profesionalisme kepada pemain muda.