In-depth

Menerka Starting XI Timnas Indonesia Jika Luis Milla Melatih Kembali

Kamis, 17 Oktober 2019 11:46 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia Jika Luis Milla Kembali Copyright: © INDOSPORT
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia Jika Luis Milla Kembali

INDOSPORT.COM – Luis Milla dikabarkan bakal kembali lagi melatih Timnas Indonesia, lantas, akan seperti apa starting XI terbaik nantinya?

Kabar mengenai kemungkinan Luis Milla berpeluang kembali melatih Timnas Indonesia dihembuskan oleh eks sekjen PSSI, Ade Wellington. Ia menyebut nama Luis Milla bersedia kembali ke Timnas Indonesia dalam perbincangannya dengan Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto.

"Jadi mohon bantuan Pak Gatot untuk menyampaikan kepada para kandidat Ketum PSSI, siapapun yang terpilih untuk menunjuk Luis Milla menjadi Pelatih Timnas-nya,” kata Ade Wellington ke Sekretaris Menpora.

Tentu menarik untuk menanti apakah benar Luis Milla akan datang menggantikan Simon McMenemy yang justru membawa Timnas Indonesia ke dasar klasemen sementara grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sekarang pertanyaannya adalah bakal seperti apa starting XI Timnas Indonesia di bawah arahan Luis Milla? Berikut INDOSPORT mencoba untuk menghadirkannya dalam menerka starting Timnas Indonesia jika Luis Milla kembali.

Kiper: Muhammad Ridho

© Twitter/@Muhammadridho78
Kiper Borneo FC Muhammad Ridho. Copyright: Twitter/@Muhammadridho78Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho.

Sebagai informasi, kami memilih formasi 4-2-3-1 karena memang inilah strategi yang diusung oleh Luis Milla di Asian Games 2018. Formasi 4-2-3-1 juga akan membuat permainan Timnas Indonesia akan lebih jauh lebih seimbang saat menyerang ataupun bertahan.

Meski telah kebobolan tiga gol dalam laga terakhir Timnas Indonesia saat kalah dari Vietnam kemarin, rasanya Muhammad Ridho masih layak dipertahankan Luis Milla. Pasalnya Ridho tampil stabil dan bahkan sempat menepis penalti pemain Vietnam di menit akhir.

Bek: Putu Gede, Hansamu Yama, Achmad Jufriyanto, Rezaldi Hehanusa

© persib.co.id
Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi Copyright: persib.co.idAchmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi

Untuk kuartet pertahanan, Putu Gede seperti bakal kembali mengisi posisi bek kanan karena dirinya sangat sering dijadikan pemain inti semasa Luis Milla melatih di Timnas Indonesia. Sedangkan Rezaldi Hehanusa yang berteknik tinggi bakal kembali dipanggil lagi oleh Luis Milla.

Melihat penampilan Yanto Basna yang terkadang ceroboh dalam menjaga pertahanan, sepertinya Luis Milla akan lebih memilih nama Hansamu Yama yang memang sudah dikenalnya. Untuk membimbing Hansamu Yama, Luis Milla bisa memilih Achmad Jufriyanto.

Gelandang Bertahan: Zulfiandi, Evan Dimas

© Screenshoot.
Zulfiandi. Copyright: Screenshoot.Zulfiandi.

Sudah bukan rahasia umum kalau Zulfiandi adalah salah satu pemain kesayangan Luis Milla saat masih di Timnas Indonesia U-23. Bahkan bisa jadi jika Luis Milla menemukan bakat hebat seperti Zulfiandi di usia yang masih sangat muda, bukan tak mungkin ia akan dibawa ke Spanyol.

Namun sehebat-hebatnya Zulfiandi, ia tetap membutuhkan seorang teman yang sudah sangat mengenalnya yaitu Evan Dimas. Kerja sama keduanya sebagai double pivot diharapkan dapat menghadirkan keseimbangan pada saat transisi permainan Timnas Indonesia.

Gelandang Serang: Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani

© Nofik Lukman/INDOSPORT
Riko Simanjuntak berusaha mempertahankan bola dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) malam. Copyright: Nofik Lukman/INDOSPORTRiko Simanjuntak berusaha mempertahankan bola dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) malam.

Untuk talenta secerah Riko Simanjuntak, rasanya akan sangat sayang jika Luis Milla tidak meliriknya. Memang saat Luis Milla berada di Indonesia, ia tak pernah memanggil Riko Simanjuntak untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Tapi seiring kepergian Luis Milla pada tahun lalu, peforma Riko Simanjuntak lambat laun terus meningkat hingga akhirnya ia dipercaya oleh Simon McMenemy dan Bima Sakti di Timnas Indonesia. Sedangkan di sisi sayap satunya, nama Saddil Ramdani bisa dimasukan oleh Luis Milla.

Dan tentu saja di tengah, Luis Milla hampir pasti akan memanggil Stefano Lilipaly sebagai sosok gelandang serang. Terlebih Luis Milla sudah sangat memahami gaya bermain Stefano Lilipaly, begitupun sebaliknya.

Striker: Ilija Spasojevic

© Instagram.com/Spaso_87
Ilija Spasojevic saat membela Timnas Indonesia melawan Bali United. Copyright: Instagram.com/Spaso_87Ilija Spasojevic saat membela Timnas Indonesia melawan Bali United.

Nama kejutan justru kami prediksi hadir di posisi penyerang di mana seharusnya Luis Milla memilih Ilija Spasojevic bukan Beto Goncalves. Pasalnya, secara usia Ilija Spasojevic lebih muda, dari torehan gol di Liga 1 juga hanya berselisih sedikit.

Memang benar Beto Goncalves telah memiliki chemistry yang sangat baik dengan Lilipaly, tapi jangan lupakan kalau Ilija Spasojevic pun demikian. Seperti yang kita tahu, Spasojevic saat ini satu tim dengan Lilipaly sehingga mereka pasti sudah saling mengenal.

Apalagi 3 dari 4 gol koleksi Spasojevic ternyata lahir saat dirinya dilatih oleh Luis Milla di Timnas Indonesia. Itulah perkiraan starting XI Timnas Indonesia jika Luis Milla memang benar bakal kembali.

© INDOSPORT
Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia Jika Luis Milla Kembali Copyright: INDOSPORTPerkiraan Starting XI Timnas Indonesia Jika Luis Milla Kembali
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%