Liga Indonesia

Terpuruk di Liga 1, Pelatih Persija Anggap Pemainnya Terlalu Santai

Kamis, 17 Oktober 2019 14:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Edson Tavares akhirnya menjalani debutnya sebagi pelatih baru Persija Jakarta di kabcah Liga 1 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Edson Tavares akhirnya menjalani debutnya sebagi pelatih baru Persija Jakarta di kabcah Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Pelatih baru Persija Jakarta, Edson Tavares, menilai penyebab utama keterpurukan timnya di Shopee Liga 1 2019 adalah para pemain yang terlalu santai menjalani kompetisi sejak awal musim.

Persija memang tengah terpuruk di papan bawah Liga 1 2019, tepatnya posisi ke-16 atau zona degradasi. Hal ini amat kontras bila berkaca kepada prestasi musim lalu yang mampu merengkuh gelar juara Liga 1 2018.

Meski berlabel juara bertahan, Persija Jakarta tampak kesulitan bersaing, bahkan sejak awal musim sudah terpuruk. Sebanyak tiga pelatih asing bergantian menangani, mulai dari Ivan Kolev, Julio Banuelos, hingga kini Edson Tavares.

Menanggapi hal ini, Edson Tavares selaku pelatih anyar Persija Jakarta mencoba untuk menganalisa masalah tim. Dia menilai mental sebagai kendala utama.

"Saya tak tahu kalau ada masalah di mental pemain. Musim lalu juara, tapi mungkin mereka memulai musim ini dengan santai dan berpikiran bakal juara lagi tanpa kesulitan," cetus Edson, Kamis (17/10/19).

"Tapi, sepak bola bukan seperti itu. Sepak bola harus fokus setiap laga, baik kondisi fisik maupun taktik. Saya tak tahu kalau masalah kami ada di mental pemain," jelas dia. 

Kini, Edson Tavares meminta pemainnya bangkit. Ia mengaku tak bisa mengatasi seorang diri dan mengangkat Persija Jakarta keluar dari papan bawah.

"Situasi ini bisa merecoki mental kalau terus-menerus terjadi. Yang bisa menyelesaikan masalah Persija ya pemain dan staf sendiri. Kami harus bersama-sama mencari solusinya," tukas Edson Tavares.