Liga Indonesia

Terpuruk di Zona Degradasi, Persija Jakarta Masih Berpeluang Menjuarai Liga 1?

Kamis, 17 Oktober 2019 07:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta terbilang masih memiliki peluang untuk menjuarai Liga 1 2019, meski kini sedang terpuruk di zona degradasi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta terbilang masih memiliki peluang untuk menjuarai Liga 1 2019, meski kini sedang terpuruk di zona degradasi.

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta terbilang masih memiliki peluang untuk menjuarai Liga 1 2019, meski kini sedang terpuruk di zona degradasi.

Hasil buruk tak henti-hentinya menghiasi perjalanan Persija Jakarta di Liga 1 2019. Sudah ganti pelatih dari Julio Banuelos ke Edson Tavares, tim Macan Kemayoran masih saja gagal menuai kemenangan.

Buktinya terlihat jelas dalam laga tunda Liga 1 2019 pada Rabu (16/10/19) kemarin. Bermain di rumah sendiri, Persija Jakarta menyerah 1-2 dari tim promosi, Semen Padang.

Hasil ini lantas menjadi kekalahan ketiga yang diderita Persija Jakarta dalam lima laga terakhirnya. Persija Jakarta bahkan harus terdampar di zona degradasi, tepatnya pada urutan 16.

Sungguh ironi nasib yang diterima Persija Jakarta di musim ini. Padahal Persija Jakarta menatap gelaran Liga 1 2019 dengan status juara bertahan.

Peluang Persija

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19).

Tak ada yang mustahil di dunia ini, termasuk pada peluang Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2019. Walau terdampar di zona degradasi, skuat besutan Edson Tavares tetap berpeluang mempertahankan gelar.

Peluang yang dimiliki Persija Jakarta bisa tertera jelas di tabel klasemen sementara. Secara matematis poin dan sisa pertandingan, Persija Jakarta masih mungkin menyalip tim peringkat satu, Bali United.

Persija Jakarta kini berada di urutan 16 dengan torehan 20 poin. Sementara Bali United yang menjadi pemuncak klasemen, unggul 28 angka dari Persija Jakarta.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Terlihat sangat jauh, tapi andai Persija Jakarta mampu memenangkan 10 laga beruntun ke depan, ada potensi untuk menyalip Bali United. 10 kemenangan beruntun bakal membuat perolehan poin Persija Jakarta menjadi 50, atau menerabas torehan terkini Bali United.

Apalagi Persija Jakarta dan Bali United kini sama-sama baru memainkan 20 laga. Artinya, ada 14 laga lagi untuk merampungkan sisa kompetisi.

Namun, skema seperti itu nampaknya sangat sulit untuk terwujud. Persija Jakarta perlu berharap 15 tim di atasnya, terutama Bali United, terus terjungkal dalam 10 laga ke depan.

Kalaupun gagal terwujud menyalip Bali United, skema tadi mungkin akan membawa Persija Jakarta minimal bersaing di deretan lima besar papan atas klasemen.

Peluang juara Liga 1 2019 masih terbuka bagi Persija Jakarta, walau harus diakui sangat kecil kemungkinannya. Tapi, tak ada salahnya bila dicoba dulu secara maksimal, siapa tahu ke depannya Marko Simic dan kawan-kawan diberkahi keberuntungan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
9%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
64%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
6%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
9%
IDS Emoticon Takut
Takut
3%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
3%
IDS Emoticon Marah
Marah
6%