Liga Spanyol

Catat! Ini Tanggal Resmi Laga Tunda El Clasico Barcelona vs Real Madrid

Jumat, 18 Oktober 2019 18:14 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Duel antar kapten dalam laga bertajuk El Clasico, Sergio Ramos dari Real Madrid (kiri) dan Lionel Messi andalan Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Duel antar kapten dalam laga bertajuk El Clasico, Sergio Ramos dari Real Madrid (kiri) dan Lionel Messi andalan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona dan Real Madrid akhirnya sepakat untuk menunda laga pekan ke-10 LaLiga Spanyol bertajuk El Clasico yang sebelumnya akan digelar pada 26 Oktober.

Pertandingan tersebut ditunda setelah melihat situasi kerusuhan di Catalan yang masih belum kondusif. Seperti yang telah diketahui, terjadi demo di provinsi otonom Catalonia yang terletak di timut laut Spanyol itu setelah sejumlah pemimpin mereka dijebloskan ke dalam penjara dengan tudingan separatisme.

Panasnya kondisi politik di sana akan berdampak pada pertandingan El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. Ada opsi agar pertandingan dilangsungkan di kandang Real Madrid di Camp Nou.

Namun, ada juga yang tidak setuju dengan usulan itu dan meminta menunda laga hingga Desember. Meski demikian, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah mengkonfirmasi akan membahas dan memutuskan waktu pertandingan yang baru.

Mereka akan berdiskusi hingga Senin (21/10/19) pukul 10 pagi waktu setempat untuk mencapai kesepakatan soal El Clasico. RFEF mengusulkan agar pertandingan Barcelona vs Real Madrid dilangsungkan pada tanggal 18 Desember. 

Namun, usulan itu dirasa kurang tepat lantaran tanggal itu jatuh pada hari Rabu bukan akhir pekan. Menggelar pertandingan besar di hari itu akan berdampak pada kurangnya respons dari audiens global.

Akhirnya seperti yang diberitakan berbagai media Spanyol seperti Marca, SPORT, dan Mundo Deportivo, Liga Spanyol mengusulkan agar El Clasico dilangsungkan pada Sabtu, 7 Desember.

Presiden Liga Spanyol, Javier Tebas, juga mengkritik tanggal 18 Desember karena akan berbenturan dengan pertandingan putaran kedua Copa del Rey yang dimainkan hari itu.

Barcelona dan Real Madrid memang tidak lolos dalam putaran kedua Copa del Rey, namun ada 16 tim di Liga Spanyol yang ikut berkompetisi. Apapun keputusannya, tanggal pasti El Clasico baru akan diumumkan pada Senin, 21 Oktober mendatang.