Bola Internasional

Seperti Main Futsal, Ini Rupa Kerja Sama Timnas Indonesia U-19 Kala Hancurkan China

Jumat, 18 Oktober 2019 05:45 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Laga Timnas Indonesia U-19 versus China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Laga Timnas Indonesia U-19 versus China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10/19).

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia U-19 melancarkan pola permainan yang mirip dengan strategi futsal, kala menghancurkan pertahanan China dalam laga uji coba, Kamis (17/10/19) kemarin.

Hasil manis memang baru saja didapatkan Timnas Indonesia U-19. Menggelar laga uji coba kontra China di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, anak asuh Fakhri Husaini sukses meraih kemenangan 3-1.

Tak hanya sekedar menang, skema yang diterapkan Timnas Indonesia U-19 juga nampak menjanjikan. Bahkan, ada salah satu gol Skuat Garuda yang prosesnya mirip dengan strategi cabang olahraga futsal.

Tepatnya gol kedua Timnas Indonesia U-19 yang dicetak Fajar Fathur Rachman. Menit ke-26, Fajar Fathur Rachman berhasil memaksimalkan umpan matang Bagus Kahfi dan merobek jala gawang China.

Kalau dilihat dalam tayangan ulang proses gol, Bagus Kahfi sebagai pemberi assists terbilang jenius. Dari sisi sebelah kiri kotak penalti China, Bagus melepaskan tendangan mendatar ke sisi lainnya.

Sepakan Bagus Kahfi ternyata merupakan sebuah umpan yang dalam olahraga futsal dikenal sebagai strategi tiang kedua. Semua bek China terdiam melihat Fajar Fathur Rachman dengan mudah menceploskan bola.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@officialpssi) on

Skema umpan datar menyilang ini sebenarnya juga dipraktekan pada proses gol pertama. Bedanya, upaya umpan mendatar mencari tiang kedua sempat terhalang bek China. 

Meski sedikit terhalau, Bagus Kahfi yang sudah menunggu di kotak penalti tetap bisa menguasai bola. Bagus Kahfi lantas melepaskan tendangan yang tak mampu dihalau penjaga gawang China.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@officialpssi) on

Timnas Indonesia U-19 memang sengaja menggelar laga uji coba kontra China sebagai masa persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Bermodal kemenangan atas China 3-1 tadi, apakah kiprah Timnas Indonesia U-19 ke depannya bisa mentereng?