In-depth

Menanti Debut Stefano Pioli Bersama AC Milan di Serie A

Minggu, 20 Oktober 2019 15:32 WIB
Editor: Coro Mountana
© Gabriel Maltinti/GettyImages
Menanti Debut Stefano Pioli Bersama AC Milan di Serie A . Copyright: © Gabriel Maltinti/GettyImages
Menanti Debut Stefano Pioli Bersama AC Milan di Serie A .

INDOSPORT.COM – Dini hari nanti, jutaan pasang mata Milanisti di seluruh dunia akan berharap-harap cemas menyaksikan laga debut pelatih Stefano Pioli bersama AC Milan di Serie A Liga Italia.

Bertanding di San Siro pada Senin (21/10/19) dini hari nanti, Stefano Pioli akan menjalani debutnya sebagai pelatih AC Milan dengan melawan Lecce dalam lanjutan Serie A. Menggantikan Marco Giampaolo, tentu setumpuk masalah yang tengah mendera AC Milan kini sedang ada di pundak Pioli.

Tuntutan untuk mengangkat posisi AC Milan yang tengah terjerembab di posisi ke-11 Serie A menjadi tugas utama Pioli. Dan tugas itu sudah harus dieksekusi dengan baik oleg Stefano Pioli sejak laga debutnya melawan Lecce.

Rekor Pertemuan Memudahkan Kerja Pioli

Menjelang laga debut Pioli, ada satu fakta menarik yang sepertinya bakal mempermudah tugas mantan pelatih Inter Milan. Yaitu, rekor pertemuan AC Milan dengan Lecce sangatlah baik di ajang Serie A setidaknya dalam 6 laga terakhir.

AC Milan berdasarkan data dari Whoscored berhail mencatatkan 4 kali kemenangan dengan hanya dua kali imbang saja. Sedangkan jika laga berlangsung di San Siro, AC Mila selalu mampu meraih kemenangan di 3 laga terakhir dengan tanpa kebobolan.

Tapi itu AC Milan, bagaimana dengan rekor pertemuan Stefano Pioli ketika harus melawan Lecce?

Pioli Kerap Kesulitan Lawan Lecce

Faktanya, dari 7 pertemuan terakhir Stefano Pioli bersama AC Milan kerap berakhir dengan hasil mengecewakan. Bagaimana tidak, Pioli hanya mampu menang sekali, imbang 5 kali dan sisanya adalah kekalahan.

Pioli sendiri telah bertemu Lecce tatkala masih membesut Bologna, Chievo Verona, Sassuolo, dan Grosseto. Uniknya hasil sekali menang dan sekali kalah, Stefano Pioli dapatkan saat masih menangani Chievo pada musim 2010-2011.

Laga Perdana Pioli Bersama Klub Baru di Serie A Liga Italia Kerap Berakhir Buruk

Itu baru bagaimana rekor AC Milan atau Pioli kala bertemu Lecce, lantas bagaimana hasil laga perdana pelatih berkepala plontos itu di tiga klub sebelumnya. Sebagai catatan, Stefano Pioli sebelum bersama AC Milan, tercatat pernah menangani Fiorentina, Inter Milan, dan Lazio.

© Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina. Copyright: Alessandro Sabattini/Getty ImagesStefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

Bersama Fiorentina dalam laga debutnya, skuat asuhan Stefano Pioli harus menelan kekalahan 0-3 di kandang Inter Milan pada musim 2017-2018. Brace dari Mauro Icardi dan Ivan Perisic membawa mimpi buruk bagi Pioli di laga debutnya bersama Fiorentina.

Pada musim 2016-2017, Pioli juga gagal mendapatkan kemenangan di laga debutnya di mana Inter Milan yang sedang diasuhnya ditahan imbang oleh AC Milan. Bahkan dalam laga itu, Inter Milan sempat tertinggal dua kali dari AC Milan.

Mundur lebih jauh lagi ke musim 2014-2015 saat menangani Lazio, ternyata kembali Pioli alami kekalahan dari AC Milan di laga debutnya dengan skor 1-3. Dengan segala rekor buruk itu, mampukah Stefano Pioli catat debut manis bersama AC Milan malam nanti dalam lanjutan Serie A.