Liga Italia

Kedatangan 'Pemain Baru', Ini 3 Perubahan AC Milan di Laga Perdana Stefano Pioli

Jumat, 18 Oktober 2019 19:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina. Copyright: © Alessandro Sabattini/Getty Images
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Italia, AC Milan, resmi mengumumkan pelatih barunya pengganti Marco Giampaolo, yakni Stefano Pioli.

Marco Giampaolo didepak dari kursi kepelatihannya di AC Milan pada Rabu, 9 Oktober 2019. Hal itu karena eks pelatih Sampdoria tersebut belum mampu mengangkat performa AC Milan. 

Jebloknya penampilan Milan pun menyasar pada performa pemain-pemainnya. Sejumlah pemain Milan di bawah Giampaolo memang tampil di bawah standar.

Kehadiran Stefano Pioli sendiri sempat ditentang oleh banyak fans Rossoneri. Akan tetapi, Pioli mengaku tetap optimis untuk membawa kesuksesan di AC Milan dengan pendekatan yang dimilikinya.

Sejumlah perubahan pun diyakini bakal langsung diterapkannya pada laga perdana menghadapi Lecce, 20 Oktober 2019. 

1. Formasi 4-3-3

Stefano Pioli mencoba mengambil keputusan radikal dengan kembali menggunakan formasi 4-3-3 di AC Milan. 

Sejak dipegang Marco Giampaolo, AC Milan (yang di bawah Gennaro Gattuso main dengan 4-3-3) beralih ke 4-3-1-2. Bahkan, sejumlah pemain bintang didatangkan untuk menunjang formasi ini. 

Akan tetapi, sepertinya Milan di bawah Stefano Pioli bakal kembali ke formasi 4-3-3. Hal ini terlihat dari latihan uji coba yang dilakukan tim utama saat menghadapi tim primavera. 

Pada laga uji coba yang berlangsung Sabtu (12/10/19) kemarin, AC Milan menang 4-0 atas tim primavera (U-19) dengan menggunakan formasi 4-3-3. 

2. Trisula Tanpa Piatek

Dilansir dari laman La Gazzetta dello Sports, Pioli diprediksi bakal melakukan perubahan pada lini depan.

Dalam formasi 4-3-3, penyerang utama Milan, Krzysztof Piatek, diprediksi bakal dicadangkan. Sebagai gantinya, Pioli akan memainkan trisula Suso, Leao, dan Rebic. 

3. Kedatangan 'Pemain Baru'

Jelang laga lawan Lecce, Milan kedatangan 'pemain baru'. Pemain baru yang dimaksud adalah Mattia Caldara. 

Caldara sudah mulai mengikuti latihan sejak seminggu lalu. Caldara pun mampu menunjukkan performa yang stabil di sesi latihan yang dipimpin Pioli. 

Sangat mungkin eks pemain Juventus ini dimainkan Stefano Pioli untuk menggantikan Musacchio di lini belakang AC Milan