Liga Inggris

Nyaris Rugikan Tottenham Hotspur, Penyedia VAR Liga Inggris Minta Maaf

Minggu, 20 Oktober 2019 08:38 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© tottenhamhotspur.com
Dele Alli mencetak satu gol dan menyelamatkan Tottenham Hotspur dari kekalahan dalam laga kontra Watford, Sabtu (19/10/19). Copyright: © tottenhamhotspur.com
Dele Alli mencetak satu gol dan menyelamatkan Tottenham Hotspur dari kekalahan dalam laga kontra Watford, Sabtu (19/10/19).

INDOSPORT.COM – Teknologi video assistant referee (VAR) kembali menjadi sorotan dalam laga pekan kesembilan kompetisi sepak bola Liga Inggris 2019-2020 antara tuan rumah Tottenham Hotspur menjamu Watford, Sabtu (19/10/19).

Tottenham Hotspur hampir saja kehilangan poin di kandang sendiri gara-gara kesalahan info grafis yang ditampilkan VAR. Ketika Dele Alli mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-86, layar di Stadion Tottenham Hotspur menampilkan keterangan no goal alias gol dianulir berdasarkan tinjauan VAR.

Namun keputusan berbeda diambil oleh wasit Christopher Kavanagh yang menyatakan bahwa gol Dele Alli itu sah. Akibat perbedaan yang terjadi antara VAR dan keputusan wasit, Hawk-Eye Innovations selaku penyedia VAR di Liga Inggris pun menyampaikan permohonan maaf.

“Hawk-Eye meminta maaf kepada fans Tottenham Hotspur dan Watford atas kebingungan yang terjadi. Kami bekerjasama dengan badan penanggung jawab pertandingan profesional Inggris dan memastikan kejadian seperti itu tidak akan terulang lagi,” bunyi keterangan Hawk-Eye Innovations, dilansir dari laman sepak bola internasional BBC.

Terlepas dari kekeliruan tampilan VAR yang terjadi, Tottenham Hotspur kembali meraih hasil buruk dalam lanjutan Liga Inggris pekan kesembilan. Bermain di rumah sendiri, The Lilywhites ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Watford.

Watford membuka skor pada menit ke-6 setelah Abdoulaye Doucoure menjebol gawang tim tuan rumah, memanfaatkan umpan matang Daryl Janmaat. Keunggulan The Hornets itu bertahan hingga menjelang laga usai.

Namun empat enit sebelum pertandingan selesai, Dele Alli menyelamatkan Tottenham Hotspur dari kekalahan setelah sukses menceploskan bola ke gawang Watford. Skor pun berubah menjadi 1-1 hingga akhir laga.

Hasil tersebut membuat Tottenham Hotspur tertahan di peringkat tujuh klasemen Liga Inggris dengan koleksi 12 angka dari sembilan laga. Sedangkan bagi Watford, tambahan satu poin belum mampu mengangkat mereka dari dasar klasemen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%