Liga Inggris

3 Tahun Lalu, Sheffield United Bak Bumi dan Langit Dibanding Arsenal

Selasa, 22 Oktober 2019 20:54 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ross Kinnaird/Getty Images
Sheffield United, yang Selasa (22/10/19) dini hari tadi mengalahkan Arsenal pada pekan sembilan Liga Inggris, ternyata punya nasib buruk tiga tahun lalu. Copyright: © Ross Kinnaird/Getty Images
Sheffield United, yang Selasa (22/10/19) dini hari tadi mengalahkan Arsenal pada pekan sembilan Liga Inggris, ternyata punya nasib buruk tiga tahun lalu.

INDOSPORT.COM – Sheffield United sedang dirundung euforia setelah mengalahkan Arsenal pada pekan sembilan Liga Inggris 2019/20, Selasa (22/10/19) dini hari. Siapa sangka, nasib The Blades tiga tahun lalu ternyata bak bumi dan langit dibandingkan dengan The Gunners.

Pada musim 2016/17 lalu, Sheffield United yang telah ditangani oleh Chris Wilder sedang terpuruk di League One (divisi tiga). Dalam empat laga awal, tim yang bermarkas di Bramall Lane ini menempati dasar klasemen akibat rentetan kekalahan.

Namun, Chris Wilder secara perlahan berhasil membuat tim asal South Yorkshire ini bangkit. Ketajaman kapten tim, Billy Sharp, serta David McGoldrick, mengangkat posisi The Blades hingga dua kali promosi dalam tiga musim.

Sama halnya dengan klub, para pemain yang saat ini membela Sheffield United pun tak ada ‘apa-apanya’ tiga tahun lalu. Dari 14 pemain yang membela Sheffield melawan Arsenal dini hari tadi, hanya Lys Mousset yang berlaga di kasta tertinggi Liga Inggris.

Selain Mousset, semua pemain masih berlaga di divisi bawah. Adapun rinciannya adalah empat pemain di Championships (kasta kedua), enam pemain di League One (kasta ketiga), dan bahkan dua pemain di League Two (kasta keempat).

Dalam laga dini hari tadi, Sheffield United bermain efektif. Meski hanya mencatatkan 31 persen penguasaan bola, mereka berhasil mencetak gol. Mereka pun menjadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Liga Inggris dengan hanya kebobolan tujuh gol.

Sementara itu, tiga tembakan ke gawang yang dilakukan Arsenal tak ada yang berhasil menggetarkan jala Dean Henderson. Total 81 persen akurasi umpan tim asuhan Unai Emery pun tak ada yang berujung menjadi assist.

Kemenangan Sheffield United sendiri mengangkat mereka ke posisi sembilan klasemen sementara dengan 12 poin. Sementara itu, Arsenal tergeser Leicester City dan Chelsea ke peringkat lima akibat masih mengemas 15 poin.