Bola Internasional

Achmad Tolle Tak Sendiri, 3 Pemain Top Dunia ini Juga Pernah Lancarkan Tendangan Kungfu Brutal

Selasa, 22 Oktober 2019 22:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© saveig.org
3 Fakta Achmad Tolle, bek PSIM Yogyakarta yang lancarkan tendangan brutal ke pemain Persis Solo. Copyright: © saveig.org
3 Fakta Achmad Tolle, bek PSIM Yogyakarta yang lancarkan tendangan brutal ke pemain Persis Solo.

INDOSPORT. COM - Achmad Hasyim Tolle, penggawa PSIM Yogyakarta ini tidak sendirian dalam hal melancarkan tendangan kungfu brutal. Sejumlah pemain top dunia diketahui juga pernah bertindak serupa.

Nama Achmad Hasyim Tolle belakangan memang sedang menjadi sorotan jagat sepak bola Indonesia. Tolle membuat heboh setelah melakukan tendangan kungfu brutal kepada pemain lawan.

Kisahnya terjadi pada laga Liga 2 2019 Wilayah Timur antara PSIM Yogyakarta vs Persis Solo, Senin (21/10/19) kemarin. Tolle yang sudah dikartu merah, tiba-tiba berlari masuk ke dalam lapangan dan menendang pemain Persis Solo, Sulton Fajar.

Aksi tak terpuji Tolle kebetulan terekam kamera. Videonya pun beredar di dunia maya dan membuat kehebohan pecinta sepak bola Indonesia.

Kalau ditelusuri lebih jauh ke belakang, sebenarnya Tolle tidak sendirian. Beberapa pemain top dunia sebelumnya pernah pula melancarkan tendangan kungfu brutal dan bahkan ada yang sampai melegenda.

Lalu, siapa saja para pemain top dunia yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam rangkuman berikut.

Thomas Muller

© sportbible
Thomas Muller nendang kepala pemain Ajax Copyright: sportbibleThomas Muller nendang kepala pemain Ajax

Thomas Muller menjadi salah satu pemain yang berperan besar dalam keberhasilan Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Namanya hingga kini juga menjadi andalan klub top Eropa sekelas Bayern Munchen, dan telah menghasilkan delapan trofi Bundesliga Jerman, serta satu gelar Liga Champions.

Reputasi besar yang dimiliki Muller, tak membuatnya luput dari pemberitaan miring. Pada Liga Champions musim 2018/19, Muller yang membela Munchen bertanding kontra Ajax Amsterdam, diketahui melancarkan aksi tendangan kungfu brutal.

Muller awalnya berlari berusaha mengontrol umpan lambung rekannya dengan menaikan kaki. Namun Muller tak melihat sekeliling, sehingga kakinya menendang bagian kepala pemain Ajax Amsterdam, Nicolas Tagliafico.

Akibat kejadian itu, Muller pun harus mengakhiri laga lebih cepat. Muller diganjar hukuman kartu merah oleh wasit dan meninggalkan lapangan.

Nigel De Jong

© INDOSPORT
Nigel De Jong vs Xabi Alonso. Copyright: INDOSPORTNigel De Jong vs Xabi Alonso.

Final Piala Dunia 2010, mempertemukan dua tim besar Eropa, Belanda vs Spanyol. Laga yang dihelat di Afrika Selatan ini, juga dihiasi oleh sebuah aksi tendangan kungfu brutal.

Pada pertengahan laga, gelandang Belanda, Nigel De Jong, terlibat perebutan bola udara dengan pemain Spanyol, Xabi Alonso. Namun De Jong malah mengacungkan kaki saat Xabi Alonso sudah berhasil menyundul bola.

Hasilnya, kaki De Jong tanpa ampun mengujam bagian dada Xabi Alonso. Beruntung, De Jong hanya dikenai hukuman kartu kuning, dan Xabi Alonso tak terkena cedera serius.


Eric Cantona

©
Caption Copyright: Tendangan Kungfu Eric Cantona

Eric Cantona adalah salah satu sosok legenda Manchester United yang cukup disegani. Sosoknya dahulu mampu memberikan kejayaan bagi Setan Merah dengan memberikan empat trofi Liga Inggris.

Bila diingat lagi, karier Cantona di MU pernah ternoda akibat aksi tendangan kungfu brutalnya. Tepatnya dalam laga kontra Crystal Palace pada 25 Januari 1995 silam.

Cantona kala itu emosinya tak terkontrol dan harus mendapat hukuman kartu merah wasit. Ketika berjalan dari tengah lapangan menuju ruang ganti, Cantona tiba-tiba mendapat teriakan dari bangku penonton.

"Sialan! Kembalilah ke Prancis!"

Cantona pun makin naik pitam dan langsung menendang penonton yang meneriakinya tadi. Kejadian ini lantas diingat sebagai legenda bernama tendangan kungfu Cantona.