Liga Indonesia

Dokter Arema: Keluarga Bisa Pengaruhi Pemulihan Cedera Pemain

Rabu, 23 Oktober 2019 17:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Nanang Tri Wahyudi menyebut pemulihan cedera seorang pemain sepak bola bisa dipengaruhi dengan kedekatannya bersama keluarga. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Nanang Tri Wahyudi menyebut pemulihan cedera seorang pemain sepak bola bisa dipengaruhi dengan kedekatannya bersama keluarga.

INDOSPORT.COM - Dokter Arema FC baru-baru ini menemukan temuan baru terkait proses penyembuhan pemainnya di Shopee Liga 1 2019.

Faktor keluarga disebut Nanang Tri Wahyudi ikut menentukan atas cepat atau lambatnya proses pemulihan cedera seorang pemain sepak bola profesional saat ini.

Meski diakuinya, faktor itu memang jauh dari skala medis, sesuai dunia yang digelutinya. Namun dengan berkumpul dengan keluarga, seorang pemain bisa mendapatkan energi yang lebih dalam hal kondisi psikologis.

"Percaya atau tidak, faktor keluarga memang sangat menentukan soal cepat atau lambatnya pemain bisa pulih dari cederanya," bilang Dokter tim Arema FC tersebut.

"Memang bukan secara medis. Tapi setidaknya, pemain mendapat motivasi yang kuat untuk segera melewati masa-masa sulitnya saat cedera," sambung dia.

Dokter dengan gelar Sp.Ko (Spesialis Kedokteran Olahraga) itu lalu mengambil contoh kongkret pada kapten timnya sendiri, Hamka Hamzah.

Hamka Hamzah yang menderita cedera hamstring, diberi lampu hijau untuk menjalani pemulihan cedera senyaman mungkin.

Defender senior itu menjalani rangakain terapi pemulihan cedera di sebuah klinik di kampus terkemuka di Jakarta, sekaligus dekat dengan keluarganya.

"Tapi yang perlu dicatat, dekat dengan keluarga belum tentu mempercepat pemulihan cedera. Bisa juga malah menghambat, kalau aktivitasnya terlalu berlebihan di rumah," tandas dia.

Kendati tetap memiliki sisi plus dan minusnya, namun dia sangat menganjurkan agar pemain sepak bola memang harus dekat dengan keluarganya.

Bagaimana pun, keluarga dapat membantu meningkatkan energi serta motivasi pemain untuk cepat pulih, dan segera kembali ke lapangan hijau.