Bola Internasional

3 Pemain yang Bisa Jose Mourinho Boyong ke Borussia Dortmund

Kamis, 24 Oktober 2019 18:30 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dikabarkan akan menjadi pelatih klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, Jose Mourinho bisa memboyong tiga pemain ini.

Setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018, Mourinho masih mengganggur alias belum melatih lagi. Ia sudah banyak dikaitkan dengan klub-klub besar liga elite Eropa.

Mourinho diklaim akan menggantikan Zinedine Zidane di Real Madrid di samping isu lain yang menyebut ia bakal merapat kembali ke Manchester United, Benfica, hingga Olympique Lyon.

Menurut pemberitaan Sport Bild, Borussia Dortmund tertarik mengincar Mourinho sebagai pelatih. The Special One dipilih karena Dortmund ingin menyaingi Bayern Munchen di Bundesliga Jerman.

CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, disebut telah mengadakan pembicaraan dengan Mourinho. Pelatih asal Portugal itu berpeluang menggantikan Lucien Favre yang kontraknya habis 2021 nanti.

Sebagai pelatih berprestasi, Mourinho bisa mengangkat prestasi Dortmund yang terakhir meraih juara Bundesliga Jerman pada 2011-2012.

Efek sosok Mourinho juga bisa menghadirkan pemain berkualitas ke Dortmund. Berikut INDOSPORT menghadirkan tiga pemain yang bisa Jose Mourinho boyong ke Borussia Dortmund.

Willian Borges

© James Williamson/GettyImages
Willian, pemain bintang Chelsea yang berpeluang didatangkan Barcelona pada musim 2019-20 mendatang. Copyright: James Williamson/GettyImagesWillian, pemain Chelsea yang berpeluang didatangkan Borussia Dortmund andai dilatih Jose Mourinho

Willian Borges merupakan mantan anak asuh Mourinho di Chelsea. Semasa melatih Manchester United, Mourinho pernah menginginkan jasa pemain asal Brasil itu.

Ketertarikan Mourinho kepada Willian tersiar pada bursa transfer Januari musim lalu. Akan tetapi, Chelsea enggan melepas Willian ke klub sesama Liga Inggris.

Keberadaan Mourinho di Dortmund nantinya bisa menjadi alasan Willian hengkang ke luar Liga Inggris. Keputusan pindah ke Dortmund bisa membuka peluang Willian memenangkan gelar.

Nemanja Matic

© Getty Images
Manchester United Nemanja Matic. Copyright: Getty ImagesPemain Manchester United, Nemanja Matic, dikaitkan dengan klub Bundesliga Borussia Dortmund

Nemanja Matic merupakan salah satu pemain kesayangan Mourinho. Ia selalu dibawa saat sang arsitek melatih Chelsea dan Manchester United.

Kombinasi Mourinho dan Matic di Dortmund tentu akan menjadi reuni yang manis. Selain itu, kemampuan terbaik Matic juga akan kembali muncul di tangan Mourinho.

Menurut portal berita olahraga Caught OffsideDortmund ikut meramaikan perburuan Matic dari Manchester United pada bursa transfer musim dingin Januari 2020.

Scott McTominay

© givemesport.com
McTominay, pemain Manchester United Copyright: givemesport.comScott McTominay, pemain kesayangan Jose Mourinho di Manchester United yang bisa diboyong ke klub Bundesliga Borussia Dortmund

Dortmund terkenal sebagai klub yang gemar membesarkan pemain muda. Jika berhasil menggaet Mourinho, Dortmund berpeluang menghadirkan Scott McTominay.

McTominay ternyata merupakan pemain kesayangan Mourinho. Pemain asal Skotlandia itu diberi penghargaan pemain terbaik klub versi pelatih dari Mourinho pada musim 2017-2018.

Saat ditanya soal pengangkatan mantan asistennya di Manchester United, Steve Clarke, sebagai pelatih timnas Skotlandia, Mourinho menyebut McTominay sebagai anak emasnya.

“Saya hanya berharap anak kesayangan saya dapat membantu Clark, karena Scott McTominay akan selalu menjadi anak emas saya,” ungkap Mourinho dikutip dari Sky Sports News.