Liga Champions

Bukan Pulisic atau Batshuayi, Inilah Aktor Kemenangan Chelsea Atas Ajax

Kamis, 24 Oktober 2019 17:22 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dan Istitene/Getty Images
Fikayo Tomori menjadi pahlawan kemenangan Chelsea karena solid di lini belakang dan tampil impresif saat melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Dan Istitene/Getty Images. Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Fikayo Tomori menjadi pahlawan kemenangan Chelsea karena solid di lini belakang dan tampil impresif saat melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Dan Istitene/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Fikayo Tomori menjadi pahlawan di balik kemenangan Chelsea atas Ajax Amsterdam di babak penyisihan grup Liga Champions 2019-2020, Kamis (24/10/19).

Banyak yang menyebut kemenangan tersebut merupakan buah kerja sama Christian Pulisic dan Michy Batshuayi. Namun siapa sangka, sebenarnya Fikayo Tomori yang benar-benar menjadi pahlawan The Blues.

Statistik membuktikan bagaimana pemain berusia 21 tahun ini mampu menjadi aktor di balik impresifnya performa Chelsea. Meski berstatus bek tengah, Tomori tak canggung melepaskan umpan dan mendikte permainan The Blues dari lini belakang.

Melansir dari statistik yang diunggah akun Twitter StatmanDave, Fikayo Tomori mampu mencatatkan penampilan impresif di area pertahanan, dengan 100 persen kesuksesan tekel; 9 kali menguasai bola; 75 persen kesuksesan memenangi duel udara; dan melakukan 8 kali sapuan tanpa kebobolan.

Sepanjang pertandingan pun, pemain asli binaan Chelsea ini berani melakukan overlap dari garis pertahanan menuju jantung pertahanan Ajax Amsterdam dengan dua dribel sukses. Tak pelak, namanya didapuk menjadi pemain terbaik pada tersebut oleh Whoscored dengan rating 7,99.

Selain meningkatnya kemampuan Chelsea mengonversi peluang, nampaknya Frank Lampard telah mengevaluasi lini pertahanan sejak kekalahan memalukan 0-4 di pekan perdana Liga Inggris musim ini.

Fikayo Tomori sendiri memang mulai mendapat kepercayaan sejak performa impresifnya dalam beberapa laga terakhir yang dijalani.