Liga Indonesia

Tak Mau Terus Kalah, Rahmad Darmawan Perbaiki Psikologis Tira-Persikabo

Kamis, 24 Oktober 2019 14:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan, harus memutar otak menjelang duel kontra Arema FC. Bagaiaman tidak dia harus memutus rantai kekalahan delapan kali berturut-turut di kancah Liga 1 2019.

Tira-Persikabo dijadwalkan menjamu Arema FC dalam laga pekan ke 24 Liga 1 2019 sore nanti. Laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, ini memiliki beban tersendiri untuk tuan rumah.

Bagaimana tidak, Tira-Persikabo belum meraih kemenangan dalam delapan laga terakhir. Hal ini diakui Rahmad Darmawan yang mengaku masih terus mencari akar permasalahan ini.

"Kami sudah evaluasi diskusi dan ngobrol secara baik dan ada beberapa pemain yang diajak bicara personal. Saya rasa itu ada makna untuk cari jalan keluar supaya mereka bisa nyaman," ucap Rahmad Darmawan.

RD, sapaan akrabnya, menilai kekalahan yang diderita Tira-Persikabo sejatinya bukan kesalahan taktik dan strategi semata, melainkan ada faktor psikologis anak asuhnya.

Kini mantan pelatih Persija Jakarta ini mencoba memberikan rasa nyaman pemainnya sehingga Tira-Persikabo dapat kembali meraih kemenangan di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019.

"Belakangan kami melihat bukan karena taktikal, tapi psikologis agar mereka bisa tampil nyaman dan percaya bahwa mereka bisa," pungkas Rahmad Darmawan.

Tira-Persikabo sementara masih bertengger di papan atas klasemen Liga 1 2019, tepatnya peringkat keempat dengan perolehan 36 poin dari 23 pertandingan.