Liga Italia

3 Fakta Han Kwang-song, Pemain Korea Utara yang Siap Debut di Juventus Gantikan Ronaldo

Sabtu, 26 Oktober 2019 19:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Pemain asal Korea Utara, Han Kwang-song, berpeluang menjalani debut bersama tim senior Juventus di Serie A Italia menggantikan Cristiano Ronaldo. Copyright: © Getty Images
Pemain asal Korea Utara, Han Kwang-song, berpeluang menjalani debut bersama tim senior Juventus di Serie A Italia menggantikan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Pemain asal Korea Utara, Han Kwang-song, berpeluang menjalani debut bersama tim senior Juventus di Serie A-Liga Italia menggantikan Cristiano Ronaldo.

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, memastikan Ronaldo bakal absen di pekan ke-9 melawan Lecce, Sabtu (26/10/19) malam, untuk memberi kesempatan istirahat kepada CR7.

Ronaldo selalu tampil penuh dalam sepuluh laga terakhir Juventus di semua kompetisi dan layak mendapatkan waktu rehat sejenak.

“Saya sering bicara dengan Ronaldo bahkan terakdang dia butuh istirahat. Kami akan melihat kapan berdasarkan perasaannya,” kata Sarri.

Dalam daftar pemain yang dibawa untuk melawan Lecce, Sarri turut menyertakan striker Han Kwang-song bersama Paulo Dybala, Juan Cuadrado, Gonzalo Higuain, Federico Bernardeschi, dan Marco Olivieri.

Meski persaingan di lini depan Juventus begitu ketat, tidak menutup kemungkinan bagi Han Kwang-song untuk menjalani debut di Juventus menggantikan Cristiano Ronaldo.

Hang Kwang-song baru didatangkan Juventus dari Cagliari dengan status pinjaman plus opsi pembelian. Siapa sebenarnya dia? Berikut INDOSPORT mengulas sosoknya.

Pemain Korut Pertama di Serie A Italia

Han Kwang-song merupakan pemain Korea Utara pertama yang bermain di Serie A Italia. Sejarah itu tercipta pada 2 April 2017 saat ia membela Cagliari.

Ia turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-86 menggantikan Marco Sau dan mengantarkan timnya menang 3-1 di kandang Palermo.

Gol perdana Han Kwang-song lahir pada pekan berikutnya saat menghadapi tim tamu Torino. Gol itu membuatnya menjadi pemain Korea Utara pertama yang mencetak gol di Serie A Italia.

Prospek menjanjikan Han Kwang-song membuat pemain kelahiran 11 September 1998 itu diganjar kontrak dari Cagliari hingga 2022.

Minim Gol Bersama Timnas

Demi mendapatkan menit bermain, Han Kwang-song dipinjamkan ke klub Serie B, Perugia, pada musim 2017. Debutnya di Serie B berjalan manis dengan catatan hattrick saat menang 5-1 atas Virtus Entella.

Penampilan apiknya di Italia dengan catatan 11 gol dari 39 laga bersama Perugia tidak lepas dari pantauan timnas senior Korea Utara. Ia tampil sebagai kapten di Piala Asia 2019 dan masuk skuat utama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski sudah beberapa kali mengecap penampilan bersama timnas, pemain berusia 21 tahun ini belum sekali pun mencetak gol.

Sendal Jepit dan Jeans

Awal kedatangan Han Kwang-song ke Italia diwarnai cerita lucu. Pemandu bakat Cagliari, Stefano Capozucca, pernah menceritakan kisah awal kedatangan Han Kwang-song ke Italia.

Saat tiba di Cagliari, Han Kwang-song masih berpenampilan sederhana dengan memakai sandal jepit. Capozucca sampai harus membelikan alas kaki formal untuk sang pemain.

“Temanku bernama Sandro Stemperini memanggil dan menunjuk Han. Itu setahun lalu. Dia juga berkata kalau saat itu ada dua pemain Korea Utara yang sangat potensial, salah satunya Han, dan ia meminta saya untuk bergegas karena Ajax tertarik padanya.”

“Kami kemudian mendapatkan Han. Ia tiba di sini (Cagliari) dengan sandal jepit, saya lalu membelikannya (alas kaki formal) dan celana jeans,” ungkap Capozucca dilansir dari Tuttosport.

Berawal dari tim muda Cagliari, Han Kwang-song kini menjadi pemain pertama Korea Utara yang membela Juventus. Ia berpeluang menjalani debut dengan seragam Si Nyonya Tua melawan Lecce.