Liga Indonesia

Viola Kurniawati Usulkan Kompetisi Liga 1 Putri Tak Gunakan Format Sepak Bola Pria

Sabtu, 26 Oktober 2019 21:55 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Viola Kurniawati saat menghadiri acara diskusi PSSI Harus Baik jilid 2 di Surabaya, Rabu (23/10/19). Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Viola Kurniawati saat menghadiri acara diskusi PSSI Harus Baik jilid 2 di Surabaya, Rabu (23/10/19).

INDOSPORT.COM - Viola Kurniawati mantan CEO PSS Sleman menilai jika format kompetisi Liga 1 putri masih belum bagus. Hal ini dikarenakan format kompetisi sepak bola putri musim perdana ini dipaksakan seperti format kompetisi sepak bola pria.

Salah satu yang dicontohkan Viola adalah soal durasi jalannya pertandingan per babak yang berjalan selama 45 menit.

"Kalau bisa jangan sampai 2x45 menit. Karena apa? Agar para pemain putri ini bisa beradaptasi," kata Viola pada Kamis (24/10/19).

Ya, kompetisi liga 1 putri 2019 ini memang baru pertama kali digelar oleh PSSI. Tentu yang namanya pertama kali, pasti sangat sudah bagi para pemain ini. Tentunya adaptasi sangat diperlukan oleh pemain-pemain ini.

Nah, apabila format pertandingan 2x45 menit ini diberlakukan di setiap pertandingan pasti menyulitkan pemain. "Mungkin harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi saat ini," lanjut Viola.

Sementara itu, menurut Viola, kompetisi liga 1 putri 2019 ini statusnya masih abu-abu apakah amatir atau profesional. Dikatakan profesional karena kompetisi ini baru saja digelar dan amatir pemain-pemain yang memperkuat tim sebelumnya belum berpengalaman di tim profesional.

Calon Exco PSSI periode 2019-2024 ini berharap liga 1 putri 2019 ini ke depannya bisa dibenahi oleh PSSI. Terlebih lagi untuk status pemain-pemain klub peserta agar lebih profesional.