Liga Indonesia

Ini Alasan Todd Ferre Disingkirkan dari Skuat SEA Games 2019

Senin, 28 Oktober 2019 17:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-23, Todd Rivaldo Ferre dipastikan tak dibawa ke SEA Games 2019 akhir tahun ini, karena mengalami cedera. Pemain milik Persipura Jayapura itu pun tak turut serta dalam pemusatan latihan, meski namanya masuk dalam list 40 nama yang didaftarkan sementara ke panpel SEA Games.

Absennya Todd Ferre memang menjadi pertanyaan pendukung skuat Garuda Muda. Pasalnya, pemain bertubuh mungil itu tampil apik bersama Persipura di kompetisi Liga 1 2019. Bahkan, di dua laga terakhir, Todd dimainkan sejak menit awal, serta mencetak dua gol secara beruntun dan membawa timnya meraih kemenangan.

Menyoal hal ini, dokter Timnas U-23, Syarif Alwi kemudian memberikan penjelasan. Ia mengatakan kondisi Todd tidak sepenuhnya fit karena mengalami cedera ankle sprain dan diketahui saat pemeriksaan medis beberapa waktu lalu.

Kondisi ini membuat tim pelatih harus mengambil keputusan sulit, karena Timnas U-23 membutuhkan pemain yang benar-benar fit 100 persen. Dengan adanya jadwal padat di babak penyisihan Grup B SEA Games, hal itu sangatlah berisiko untuk karier Todd Ferre.

"Todd Ferre ini cedera sprain engkel, waktu itu dia sering latihan, sekitar dua hari sering jatuh rasa dan rasa sakit. Sedangkan, kami harus cari pemain yang benar benar fit dari fisik, mental dan lainnya bukan hanya kesehatan biasa," katanya.

"Kalau sudah masuk skuat nanti, gak bisa diganti, sedangkan babak grup pertandingan banyak apalagi jika sampai final. Hampir dua hari sekali bertanding dan hanya ada 20 pemain termasuk 3 kiper dan 2 senior jadi hanya ada 15 intinya."

"Kami pilih berdasarkan rembukan bersama pelatih, fisioterapis dan tim dokter. Kami pilih yang benar-benar fit seratus persen, tidak boleh di bawah itu," tuturnya secara detail. 

Dokter Syarif Alwi menerangkan, tim pelatih Timnas U-23 tidak ingin mengambil risiko terlalu besar jika memaksakan memanggil Todd Ferre. Sedangkan mengenai penampilan pemain 20 tahun itu bersama Persipura, Papi (sapaan dokter Alwi) mengatakan hal itu sepenuhnya keputusan tim yang bersangkutan.