Bola Internasional

Sinergi dengan Pemerintah, PSSI Bentuk Tim Khusus untuk Piala Dunia U-20 2021

Selasa, 29 Oktober 2019 17:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
PSSI memastikan akan membentuk tim khusus untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat bertemu dengan pihak Kemenpora pada Selasa (29/10/19) di Jakarta. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
PSSI memastikan akan membentuk tim khusus untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat bertemu dengan pihak Kemenpora pada Selasa (29/10/19) di Jakarta.

INDOSPORT.COM - PSSI memastikan akan membentuk tim khusus untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat bertemu dengan pihak Kemenpora pada Selasa (29/10/19) di Jakarta.

Tisha menjelaskan, tim khusus itu merupakan gabungan dari PSSI, pemerintah dan juga beberapa negara Asia yang menyatakan siap membantu menyukseskan Piala Dunia kelompok umur nanti. Kerja sama dengan pemerintah tersebut memang perlu dilakukan, sebab pemerintah sebelumnya telah memberikan jaminan saat bidding beberapa waktu lalu.

"Dalam hal ini akan ada, namun terpisah, tim yang dibentuk oleh PSSI dan pemerintah, untuk area renovasi dan percepatan-percepatan yang sebelumnya jadi jaminan. Jadi kepanitian akan ada di bawah PSSI, punya dewan pengarah atau pelindung dari pemerintah," katanya.

"Nantinya akan disusun bersama antara PSSI dan kemenpora. Tentunya Pak Menpora sebagai lead, lalu jajarannya yang terkait," imbuh Tisha.

Sementara itu, beberapa negara yang ikut terlibat diantaranya adalah Jepang, Thailand, Myanmar hingga Qatar. Negara-negara tersebut akan membantu dalam proses pengembangan mulai dari infrastruktur hingga beberapa hal detail lainnya demi menjaga marwah benua Asia.

"Jadi ada beberapa negara lain, khususnya dari Asia, kami mendapatkan komitmen dari mereka, karena step Piala Dunia menjadi step rangkaian penting event sepak bola di Asia. Karena pada 2022 Piala Dunia di Qatar dan ini  mendapatkan asistensi langsung dari FIFA dan AFC dan rekan-rekan di federasi," urai Tisha.

Untuk memastikan persiapan dan kesiapan untuk Piala Dunia U-20 2021, FIFA dijadwalkan akan datang pada November mendatang. Karenanya PSSI akan bekerja sama dengan pemerintah, membentuk tim dalam waktu dekat untuk bisa melaporkan hal-hal khususnya terkait renovasi infrastruktur dan juga lapangan latihan.