Liga Spanyol

Pep Guardiola Sebut Sosok Inilah yang Paling Tepat Melatih Barcelona

Rabu, 30 Oktober 2019 20:55 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyebut Xavi Hernandez sebagai pelatih yang paling tepat menangani Barcelona di masa mendatang. Copyright: © Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyebut Xavi Hernandez sebagai pelatih yang paling tepat menangani Barcelona di masa mendatang.

INDOSPORT.COM – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, meyakini bahwa Xavi Hernandez adalah orang yang paling tepat menangani Barcelona. Menurut Guardiola, cepat atau lambat Xavi akan mengisi peran sebagai pelatih Blaugrana.

Pep Guardiola memang punya hubungan spesial dengan Xavi. Keduanya pernah bekerjasama di Barcelona, baik ketika Guardiola masih aktif bermain maupun saat ia telah menjadi pelatih.

Ketika Guardiola menjabat sebagai pelatih Barcelona pada periode 2008-2012, Xavi adalah pemain yang menjadi andalannya, selain tentunya Lionel Messi.

Mengenal Xavi secara baik, Guardiola yakin bahwa mantan kompatriotnya itu punya kapasitas untuk melatih Barcelona. Terlebih, ia juga menyandang status sebagai legenda klub penghuni Stadion Camp Nou tersebut.

“Cepat atau lambat, itu pasti akan terjadi. Dia sangat memahami sepak bola. Dia juga punya hasrat dan dedikasi yang luar biasa. Dia adalah sosok yang teguh dan bisa melihat segalanya secara jelas,” ujar Pep Guardiola, dikutip dari laman sepak bola internasional Goal.

Xavi sendiri pernah berseragam Barcelona selama 17 musim, dari 1998 hingga 2015. Lebih dari satu dekade membela Blaugrana, pria kelahiran Terrassa itu sukses meraih sejumlah gelar bergengsi, termasuk delapan gelar juara LaLiga Spanyol dan empat trofi Liga Champions.

Setelah pensiun dari lapangan hijau pada pengujung Mei lalu, Xavi kemudian melanjutkan karier di dunia kepelatihan. Saat ini, ia menjabat sebagai peltih klub Liga Qatar, Al Sadd.