Liga Indonesia

Siap Digelar, Liga Topskor U-15 Ingin Lanjutkan Tradisi Ekspor Pemain ke Timnas

Jumat, 1 November 2019 09:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Liga Top Skor
Direktur.Liga Top Skor U-15, Yusuf Kurniawan. Copyright: © Liga Top Skor
Direktur.Liga Top Skor U-15, Yusuf Kurniawan.

INDOSPORT.COM - Liga Topskor Transtama U-15 2019-2020 akan digelar mulai 3 November 2019 hingga 29 Maret 2020 di Lapangan Sepak bola TNI AU, Pancoran, Jakarta Selatan. Terdapat 24 tim yang berpartisipasi, baik dari Jabodetabek maupun hingga keluar kota di Pulau Jawa.

Kompetisi ini akan memainkan 156 pertandingan, 28 matchday, serta melibatkan 888 pemain dan ofisial. Ajang ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber pasokan pemain buat pelatih timnas Indonesia U-16 dalam pembentukan skuat menuju putaran final Piala Asia 2020. 

"Ajang ini diharapkan memberikan sumbangsih bagi timnas Indonesia karena tahun lalu coach Fakhri Husaini datang memantau lalu tinggal pilih pemainnya. Kemudian coach Bima Sakti juga kemarin datang saat pembukaan Liga U-13," kata Direktur Liga Topskor, Yusuf Kurniawan.

"Nanti pembukaan U-15 datang juga coach Indra Sjafri bersama beberapa pemain seperti Syahrian Abimanyu, Muhammad Luthfi, dan Gian Zola yang notabene jebolan Liga Topskor untuk memberikan semangat dan motivasi kepada peserta," imbuhnya.

Liga Topskor U-15 akan dimainkan dengan sistem setengah kompetisi, di mana ke-24 tim peserta akan dibagi dalam dua grup. Fase selanjutnya adalah putaran 8 Besar dan 8 Kecil sehingga 16 tim terbaik mendapat kesempatan sama untuk menjadi pemenang di kedua kategori tersebut.

Peraturan khas sepak bola level junior juga ditetapkan di sini, yakni jumlah pergantian pemain tidak dibatasi, supaya para pemain mendapat kesempatan menit bermain yang lebih proporsional.

Selain itu, kompetisi itu juga menerapkan peraturan khas Olimpiade dan Asian Games, yakni setiap tim diizinkan untuk mendaftarkan pemain senior atau satu tahun lebih tua untuk masuk skuat. 

Dalam pelaksanaannya, Liga Topskor Transtama U-15 akan memberikan penghargaan man of the match, player of  the week, dan coach of the month kepada individu-individu yang berprestasi melalui penilaian tim Technical Study Group (TSG).

Selain menghasilkan tim juara, liga itu juga akan menyeleksi pemain-pemain terbaik untuk masuk dalam tim seleksi Topskor Indonesia (TSI). Tim hasil seleksi tersebut nantinya akan dikirim ke Oslo, Norwegia, untuk tampil di Norway Cup, 26 Juli sampai 1 Agustus 2020.