Liga Italia

Mengenang Giampiero Boniperti, Penyerang Juventus yang Paling Sering Jebol Gawang Torino

Sabtu, 2 November 2019 21:14 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alchetron
Mengenang Giampiero Boniperti, Penyerang Juventus yang Paling Sering Jebol Gawang Torino di Derby della Mole. Copyright: © Alchetron
Mengenang Giampiero Boniperti, Penyerang Juventus yang Paling Sering Jebol Gawang Torino di Derby della Mole.

INDOSPORT. COM - Giampiero Boniperti, namanya hingga kini terpampang sebagai sosok penyerang klub Serie A Liga Italia Juventus yang paling sering menjebol gawang Torino di Derby della Mole. Mari mengenang tentang kisah kejayaannya.

Para penggemar setia Juventus pasti mengenal betul nama Giampiero Boniperti. Sejarah telah menahbiskan Giampiero Boniperti sebagai legenda abadi Si Nyota Tua dengan segala gemerlap prestasinya.

Giampiero Boniperti pertama kali tampil untuk Juventus pada 2 Maret 1947 silam. Giampiero Boniperti yang masih berusia 19 tahun, melakoni debut bersama Juventus dalam laga kontra AC Milan di Stadion Comunale Turin.

Debut Giampiero Boniperti sejatinya tak berlangsung manis, sebab Juventus menyerah 1-2 dari AC Milan. Namun setelah itu, kegemilangan seakan terus mengikuti setiap langkah kaki Giampiero Boniperti.

Semusim setelah menjalani debut, Giampiero Boniperti mulai berpindah peran, dari seorang winger berubah menjadi penyerang tengah. Hasilnya fantastis, Giampiero Boniperti langsung bisa menyabet penghargaan top skor dengan total torehan 27 gol.

Pada tahun 1950, Giampiero Boniperti akhirnya bisa mempersembahkan Scudetto pertamanya untuk Juventus. Giampiero Boniperti musim itu mencetak 20 gol dan membawa Juventus memuncaki klasemen dengan torehan 62 poin, atau unggul lima angka dari pesaing terdekat, AC Milan.

Giampiero Boniperti sendiri total menorehkan 179 gol untuk Juventus. Ia menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah Juventus, setelah Alessandro Del Piero.

Salah satu kisah manis karier Giampiero Boniperti semasa membela Juventus mungkin tercipta dalam rivalitas kontra Torino di Derby della Mole. Buktinya saja, Giampiero Boniperti namanya masih abadi sebagai penyerang Juventus yang paling sering menjebol gawang Torino.

Menurut catatan Football Italia, Giampiero Boniperti secara keseluruhan mampu mencetak 14 gol ke gawang Torino. Hingga kini, tak ada satu penyerang top Juventus lainnya, entah Del Piero atau bahkan Cristiano Ronaldo, yang mampu menyamai rekor Giampiero Boniperti.

Kebetulan, pada Minggu (03/11/19) dini hari nanti, Juventus akan kembali bersua Torino di laga pekan ke-11 Serie A  Liga Italia musim 2019/20. Jelang laga, Juventus nampak lebih perkasa lantaran masih berstatus sebagai pemuncak klasemen, sedangkan Torino terdampar di urutan 13.

Keperkasaan Juventus atas Torino jelas akan makin mentereng bila melihat rekor Giampiero Boniperti tadi. Ketajaman Giampiero Boniperti sudah banyak memberikan luka kepada Torino, yang mungkin akan kembali terulang dan berlanjut dalam laga Derby della Mole nanti malam.