Liga Indonesia

Yussa Nugraha, Opsi Penyerang Indonesia di Piala Dunia U-20 2021

Sabtu, 2 November 2019 18:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penyerang asal Solo, Yussa Nugraha bisa menjadi salah satu opsi penyerang Timnas Indonesia pada Piala Dunia U-20 2021. Setelah sembuh dari cedera lutut, musim ini Yussa mencuri perhatian tim pelatih HBS Craeyenhout, Den Haag.

Penyerang kelahiran 21 Maret 2001 ini sejatinya tergabung dalam tim U-19 HBS Craeyenhout. Dia sudah melakoni empat pertandingan dengan mencatatkan satu assist.

Performa menawan bersama HBS U-19 membuatnya diberi kesempatan tampil bersama tim senior B HBS. Tim ini tampil di Derde Divisie atau kasta ke empat liga Belanda. HBS bersama 17 tim lain tergabung di grup Sunday League.

Yussa sudah diberi kesempatan tampil dua kali. Dia sukses mencetak satu gol saat HBS menang 5-1 atas Quick 4 pada ajang Piala KNVB, Rabu (23/10/19) lalu. Sontekan Yussa memanfaatkan umpan dari sisi kiri menjebol gawang Quick 4.

Performa menanjak yang ditunjukkan Yussa membuatnya layak diberi kesempatan membuktikan diri. Yussa pun siap bila dipanggil untuk memperkuat tim Garuda Muda.

"Seandainya diberi kesempatan sama coach, saya siap untuk Piala Dunia U-20 2021," kata Yussa kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (01/11/19).

Yussa bisa bangkit setelah setahun menyembuhkan cedera pada bagian Posterior Cruciate Ligament (PCL). Bersama tim HBS, Yussa kerap dipasang sebagai pemain sayap kanan. Namun tak jarang pula dia dirotasi sebagai pemain sayap kiri dan penyerang tunggal.

"Trauma masih ada sih kalau ada benturan, waktu duel sama pemain lawan. Tapi saya selalu berfikir positif dan selalu waspada kalau duel," tutur Yussa.

Perlu diketahui, Indonesia memang akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2021. Dengan status tersebut, Indonesia tidak perlu melewati fase kualifikasi untuk jadi peserta.