Liga Spanyol

Disebut Calon Kuat Pengganti Valverde, Legenda Barcelona Angkat Bicara

Senin, 4 November 2019 13:42 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© FC Barcelona
Legenda Barcelona sekaligus pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, buka suara soal desas-desus ia akan menggantikan peran Ernesto Valverde. Copyright: © FC Barcelona
Legenda Barcelona sekaligus pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, buka suara soal desas-desus ia akan menggantikan peran Ernesto Valverde.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Belanda sekaligus legenda Barcelona, Ronald Koeman, menolak tegas soal kabar yang menyebut ia akan jadi pengganti Ernesto Valverde di Barcelona untuk sisa laga LaLiga Spanyol 2019-2020.

Dalam pemberitaan sebelumnya, nama Ronald Koeman digadang-gadang bakal menjadi sosok pelatih baru Barcelona yang belakangan ini memiliki penurunan performa sepanjang musim ini.

Hal ini tercantum pada klausul kontraknya ketika menyetujui sebagai pelatih sepak bola Negeri Kincir Angin itu. Pada kontrak tertulis jika Koeman bisa kembali ke Barcelona usai mengantarkan Timnas Belanda ke Euro 2020.

Melihat pemberitaan dirinya bakal menjadi pengganti Ernesto Valverde membuat Ronald Koeman buka suara. Pelatih berusia 56 tahun itu menolak dengan tegas dirinya bakal kembali ke Barcelona karena masih nyaman melatih Timnas.

"Saya dengan tegas menyatakan untuk tidak meninggalkan posisi saya saat ini untuk tawaran klub-klub apa pun itu," ujar Koeman dilansir laman berita sepak bola Football Espana.

"Saya tidak marah dengan situasi ini, untungnya saya dan Hoogma (direktur olahraga Sepak Bola Belanda) sudah membicarakan hal ini. Sekarang situasinya sudah jelas," tutupnya.

Ronald Koeman sendiri diharapkan bisa menjadi penyelamat klub Barcelona yang kini mulai mengalami penurunan performa. Salah satu contohnya ialah ketika Blaugrana kandas 1-3 atas Levante pada pekan 11 LaLiga Spanyol musim ini, Sabtu (02/11/19).

Melihat sepak terjangnya sebagai pemain Barcelona, Koeman tercatat sempat menyumbang empat gelar LaLiga Spanyol dan Piala Eropa sekitaran tahun 1990-1994. Selama berkarier sebagai pelatih, pria asal Belanda ini juga tergolong memiliki catatan yang cukup bagus.

Ketika menjadi pelatih Ajax Amsterdam tahun 2001-2005, ia memenangkan banyak gelar seperti Eredivisie dan KNVB Cup. Performa ini pun membuat Koeman ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda dan prestasi terbarunya ialah meraih posisi runner-up UEFA Nations League 2019.