Liga Spanyol

Punya Klausul di Kontrak, Sosok Ini Bisa Gantikan Valverde di Barcelona

Senin, 4 November 2019 12:27 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marca
Nasib Ernesto Valverde di Barcelona kini terancam. Copyright: © Marca
Nasib Ernesto Valverde di Barcelona kini terancam.

INDOSPORT.COM - Nama pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, menyeruak ke permukaan saat Barcelona tengah mengincar kandidat pengganti Ernesto Valverde.

Koeman dilaporkan bakal menggantikan peran Valverde usai tertulis klausal pada kontrak yang menyatakan jika dirinya bisa kembali ke Barcelona usai mengantarkan Timnas Belanda ke Kejuaraan Euro 2020.

Asumsi ini diperkuat oleh direktur olahraga Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Nico-Jan Hoogma. Ia membenarkan bahwa Koeman memiliki klausul kontrak yang bisa membuatnya kembali ke Camp Nou usai Euro 2020, dengan syarat Barcelona harus membayar sejumlah uang.

"Ada kesepakatan terkait hal ini pada kontrak, tapi tentu saja pihak tim (Barcelona) harus membayar jika sangat ingin Koeman menjadi juru taktik di sana," ujar Nico-Jan Hoogma, dilansir laman berita Marca.

"Saya harap dirinya meninjau kembali nanti terkait penawaran ini. Hal ini dikarenakan Timnas Belanda masih membutuhkan sosok dirinya, paling tidak hingga dirinya bisa mengantarkan Timnas ke Piala Dunia Qatar mendatang," tutupnya.

Terlepas dari itu, nasib Ernesto Valverde kini berada di ujung tanduk. Berbagai kemunduran performa Barcelona sepanjang musim ini membuat banyak kalangan berharap sang pelatih didepak.

Salah satu contoh nyata gagalnya Valverde menukangi klub ialah ketika Barcelona kalah telak lawan Levante pada pekan ke-11 LaLiga Spanyol, Sabtu (02/11/19). Pertandingan tandang yang berlangsung di Ciutat de Valencia itu terbilang tragis di mana Blaugrana harus dipermalukan 1-3.

Meski masih menduduki puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol, hasil ini makin memperkeruh etos kerja Valverde sebagai pelatih Barcelona. Tak ayal pihak petinggi klub pun kini tengah bersiap mencari penggantinya.