Liga Indonesia

Seperti Andre Gomes, Ini 3 Pemain Liga 1 yang Pernah Cedera Dislokasi Engkel

Senin, 4 November 2019 12:16 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019 Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Liga 1 ini pernah mengalami cedera patah tulang pergelangan kaki atau dislokasi engkel seperti yang diderita pemain klub Liga Inggris, Everton, Andre Gomes.

Nasib menyedihkan menimpa Andre Gomes di laga Everton vs Tottenham Hotspur pada pekan ke-11 Liga Inggris 2019-2020 di Goodison Park, Minggu (03/11/19) malam WIB.

Andre Gomes mengalami cedera dislokasi engkel setelah mendapatkan tekel dari Son Heung-min dan bertabrakan dengan Serge Aurier.

Kejadian itu begitu menguras perasaan Son dan Aurier. Son sampai mengalami syok hingga menangis, sementara Aurier terlihat ikut mendoakan secara Muslim.

Dislokasi engkel memang cedera yang horor bagi seorang pesepak bola. Cedera itu ternyata juga pernah dialami oleh pemain sepak bola Indonesia di Liga 1.

Siapa sajakah yang pernah mengalaminya? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan tiga pemain Liga 1 yang pernah menderita cedera dislokasi engkel seperti Andre Gomes.

Boaz Solossa

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
 Timnas Senior Indonesia saat menghadapi Irak pada laga Pra Piala Asia 2015, 20 November 2013, di SUGBK, Jakarta. Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORT Boaz Solossa termasuk satu dari tiga pemain Liga 1 yang pernah alami cedera patah tulang pergelangan kaki atau dislokasi engkel seperti pemain klub Liga Inggris, Everton, Andre Gomes.

Cedera engkel parah yang dialami Boaz Solossa pada 1 Juni 2007 saat memperkuat timnas Indonesia melawan Hong Kong dalam laga uji coba nyaris merenggut karier pemain kelahiran Sorong itu.

Boaz mendapatkan tekel dari belakang dari pemain Hong Kong. Firman Utina yang saat itu menghampiri Boaz sampai tidak percaya dengan kondisi adik Ortizan Solossa itu.

Namun, Boaz tak kenal menyerah untuk sembuh dan kembali merumput. Ia menjalani rehabilitasi selama hampir sepuluh bulan dan bisa tampil lagi membela Persipura Jayapura sampai membawa timnya juara.

Irfan Bachdim

© Baliunited.com
Irfan Bachdim kembali latihan usai pulih dari cedera. Copyright: Baliunited.comIrfan Bachdim kembali latihan usai pulih dari cedera engkel.

Irfan Bachdim mengalami cedera engkel parah pada tahun 2018. Ia mulai absen sejak pekan ke-9 Liga 1 saat menghadapi Perseru Serui pada bulan Mei.

Saking parahnya, Irfan sampai harus menjalani terapi di Belanda. Perawatan itu membuat Irfan harus absen panjang dan baru menjalani latihan lagi pada bulan September.

Meski belakangan sudah sembuh, cedera Irfan masih sering kambuh. Belum lama ini di Liga 1 2019 jelang laga melawan Barito Putera, Minggu (27/10/19) lalu, Irfan kembali mengalami cedera sampai tidak bisa jalan selama enam hari.

Dedi Gusmawan

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Semen Padang, Dedi Gusmawan. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek Semen Padang, Dedi Gusmawan.

Dedi Gusmawan pernah mengalami cedera dislokasi engkel pada perhelatan Piala Presiden 2017 silam. Kala itu, ia masih membela Mitra Kukar.

Cedera yang ia derita bermula saat hendak menghadang striker Persipura Jayapura, Edward Wilson Junior, di depan kotak penalti. Ia mengalami salah jatuh dan kakinya tertimpa badan sendiri.

Akibatnya, Dedi harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan lebih lanjut. Mantan pemain klub Zeyar Shwe Myay FC di Liga Myanmar itu setidaknya harus absen selama sepuluh bulan.

“Menginjakkan kaki kembali ke Solo, saya langsung teringat dengan memori mengerikan di Piala Presiden 2017. Solo adalah lokasi saya menjalani operasi saat mendapat cedera parah.”

“Sampai saat ini saya tidak berani melihat rekaman video atau foto kejadian itu. Sangat mengerikan,” ungkap Dedi dilansir dari laman resmi Liga 1 beberapa waktu waktu yang lalu.