Liga Spanyol

Statistik Buktikan Real Madrid Masih Dihantui Sosok Cristiano Ronaldo

Senin, 4 November 2019 23:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Cristiano Ronaldo rupanya memiliki ambil andil dalam perkembangan klub Real Madrid. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo rupanya memiliki ambil andil dalam perkembangan klub Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid, nampaknya tetap menganggap sosok Cristiano Ronaldo sebagai pemain penting dalam perkembangan klub.

Kepergian Ronaldo tahun 2018 lalu, terbukti membuat Los Blancos mengalami kesulitan menjalani musim ini. Dilansir laman berita Calciomercato, Real Madrid mengalami penurunan mencetak gol sepeninggal bintang Timnas Portugal itu.

Sejak bergulirnya musim ini skuat Zinedine Zidane tercatat tak mampu mencetak gol, dengan persentase 28,57 persen pertandingan yang dimainkan.

Jumlah itu seolah mengulang pencapaian musim lalu, dimana mereka tercatat tak mampu mencetak gol dalam 13 dari keseluruhan 57 pertandingan atau 22,87 persen.

Jika dirata-rata, Real Madrid setidaknya memiliki persentase gagal memasukan bola sebanyak 23,94 persen dalam 71 pertandingan terakhir. Angka ini terbilang lebih besar, jika dibandingkan ketika Ronaldo masih berseragam El Real.

Pasalnya, selama sembilan musim bersama Ronaldo, Real Madrid tak mampu mencetak gol di 46 dari total 519 pertandingan saja atau sekitar 8,86 persen saja.

Salah satu fakta menarik ialah sepanjang musim 2016-2017, Real Madrid tercatat selalu berhasil mencetak gol dalam 60 pertandingan di keseluruhan kompetisi.

Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu, sebenarnya tahu akan hal ini dengan mencoba mencari sosok penggantinya di bursa transfer musim panas lalu.

Seperti yang telah diketahui, mereka memboyong Eden Hazard dan Luka Jovic dengan total harga 160 juta euro (Rp2,5 triliun).

Namun pada akhirnya, kedua pemain itu terbilang sangat jauh jika dibandingkan Cristiano Ronaldo yang telah hengkang ke Juventus. Sepanjang musim ini baik Jovic dan Hazard terbilang belum mampu dianggap sebagai pengganti ideal sang bintang lapangan Real Madrid.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%