Liga Indonesia

Persipura Jayapura Memang Ganas Bersama Jacksen, Tapi Tidak di Mata Persib Bandung

Selasa, 5 November 2019 14:37 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ilustrasi INDOSPORT
Persipura Jayapura Memang Ganas Bersama Jacksen, Tapi Tidak di Mata Persib Bandung Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT
Persipura Jayapura Memang Ganas Bersama Jacksen, Tapi Tidak di Mata Persib Bandung

INDOSPORT. COM - Persipura Jayapura memang berhasil tampil ganas sejak ditangani Jacksen F. Tiago, tapi anggapan itu rasanya tak berlaku di mata Persib Bandung.

Kiprah Persipura Jayapura dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2019, belakangan memang sedang mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Sempat terseok-seok di awal musim, tim Mutiara Hitam perlahan bangkit dan mulai memanaskan persaingan papan atas.

Semasa masih ditangani Luciano Leandro dulu, jalan yang dilalui Persipura Jayapura begitu terjal. Tujuh laga awal, Persipura Jayapura secara beruntun gagal menuai satupun kemenangan.

Melihat situasi yang terus memburuk, manajemen Persipura Jayapura lantas mengambil kebijakan tegas. Pihak manajemen langsung melengserkan Luciano Leandro, dan menggantinya dengan Jacksen F. Tiago yang kala itu baru saja meninggalkan Barito Putera.

Pergantian pelatih ternyata mampu memberikan dampak yang luar biasa. Buktinya saja, tangan dingin Jacksen kini sukses membawa Persipura Jayapura bercokol di peringkat tiga klasemen dengan torehan 43 poin.

Tak hanya sekedar menghiasi papan atas, nama Persipura Jayapura mulai masuk ke dalam kandidat juara. Mengingat kompetisi akan memainkan 10 laga lagi, Persipura Jayapura masih mungkin mengejar ketertinggalan 12 poin dari tim pemuncak klasemen sementara, Bali United.

Persib Bandung Tak Gentar

© Arif Rahman/INDOSPORT
Artur Gevorkyan akan mengambil di laga Persib vs Persipura di Liga 1. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTArtur Gevorkyan akan mengambil di laga Persib vs Persipura di Liga 1.

Kisah yang dialami Persipura Jayapura sejak dilatih Jacksen memang terdengar sangat hebat. 17 laga Liga 1 2019 bersama Jacksen, dilalui Persipura Jayapura lewat catatan 12 kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya menelan dua kekalahan.

Melihat cerita kehebatan tersebut, mungkin para tim pesaing akan ciut nyalinya bila bertemu Persipura Jayapura. Namun, beda halnya dengan Persib Bandung, yang tampak tak sama sekali gentar mendengar nama besar tim Mutiara Hitam.

Jauh sebelum ditangani Jacksen, Persipura Jayapura pernah merasakan nestapa dibantai Persib Bandung. Laga pembuka Liga 1 2019 pada 18 Mei 2019 lalu, jadi bukti nyatanya.

Persib Bandung kala itu menjamu Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat. Mendapat dukungan penuh para Bobotoh, Persib Bandung tanpa ampun menggilas Persipura Jayapura dengan skor 3-0.

Dua dari tiga gol kemenangan Persib Bandung dicetak sang mantan pemain asing, Artur Gevorkyan. Sementara satu gol lainnya dibukukan pemain sayap lincah, Febri Hariyadi.

Pasca Persipura Jayapura mengganti pelatih dari Luciano Leandro ke Jacksen, luka yang sama lagi-lagi mampu diberikan oleh Persib Bandung. Kubu Maung Bandung kembali berhasil menuai kemenangan atas Persipura Jayapura pada laga putaran kedua, 23 September 2019 lalu.

Skuat asuhan Robert Rene Alberts menggilas Persipura Jayapura dengan skor 3-1. Penyerang asing Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel, sukses memborong dua gol, ditambah torehan Febri Hariyadi, dan sebiji gol balasan Persipura Jayapura darI Titus Bonai.

Sehebat-hebatnya Persipura Jayapura di Liga 1 2019, mereka tetap memiliki kekurangan yang mesti diperbaiki. Jacksen selaku pelatih Persipura Jayapura pun harus memutar otak, agar ke depannya tak ada lagi tim sepak bola seperti Persib Bandung yang tergolong mudah menghancurkan Persipura Jayapura.