Liga Indonesia

Melihat Kelayakan Bambang Pamungkas Untuk Dipertahankan Persija Jakarta

Rabu, 6 November 2019 18:32 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Bambang Pamungkas memanglah merupakan seorang legenda hidup yang hingga kini masih bermain untuk klub Liga 1, Persija Jakarta. Mengingat usianya yang kian senja, apakah Bambang Pamungkas layak untuk tetap dipertahankan Macan Kemayoran?

Nama Bambang Pamungkas belakangan kembali menyedot perhatian jagat sepak bola Indonesia. Terutama setelah melihat aktivitas sejumlah pemain Persija Jakarta di media sosial pada Selasa (05/11/19) kemarin.

Setidaknya ada empat penggawa Macan Kemayoran, yakni Riko Simanjuntak, Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, dan Fitra Ridwan, yang mengunggah foto dengan tema serupa. Keempatnya dmengunggah foto ketika berpose bersama legenda hidup Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.

Kehebohan lantas muncul lantaran hampir di ke semua unggahan disertai dengan tagar #Savepakketua. Semakin gempar lagi, bila berkaca dari caption unggahan Ramdani Lestaluhu yang sangat berharap Bambang Pamungkas tetap bertahan di Persija Jakarta.

"Satu harapan bahwa beliau Bambang Pamungkas tetap terus ada menjadi bagian di Persija Jakarta, dengan apapun itu posisinya di sana," tulis Ramdani Lestaluhu pada caption unggahannya.

Sementara itu di hari yang sama, ada seorang Jakmania yang memberikan kritik keras kepada Bambang Pamungkas. Melalui akun Instagram @irlan.alarancia, sang Jakmania meminta Bambang Pamungkas angkat kaki dari Persija Jakarta.

Kritikan tak lepas dari ucapan Bambang Pamungkas tentang ucapan bermain untuk keluarga. Akun @irlan.alarancia menuding Bepe tak bisa memberikan segenap kemampuannya kepada Persija Jakarta, dan lebih mengutamakan kepentingan keluarga.

"Jakmania butuh pemain yang bermain untuk Persija. Kalau anda Bambang Pamungkas tidak sanggup dan memilih bermain untuk keluarga, silahkan angkat kaki," bunyi kritik akun @irlan.arancia pada caption unggahannya.

Melihat segala kejadian yang sedang menyelimuti Bambang Pamungkas, pantaskah dirinya tetap dipertahankan Persija Jakarta? Ataukah Bepe harus menuruti permintaan dan kritikan dari Jakmania tadi?

Bambang Pamungkas Dipertahankan Persija?

© tabliod bola/Simamaung
Debut Bambang Pamungkas di Persija, saat melawan Persib. Foto: tabliod bola/Simamaung Copyright: tabliod bola/SimamaungDebut Bambang Pamungkas di Persija, saat melawan Persib. Foto: tabliod bola/Simamaung

Harus diakui, Bambang Pamungkas kini sudah memasuki masa senja karier sebagai pemain sepak bola. Usianya telah menginjak 39 tahun yang mana tak akan memiliki kondisi fisik seprima dulu lagi.

Penurunan yang dialami Bambang Pamungkas pun sejatinya begitu terlihat di dalam tiga musim terakhir. Produktivitas Bambang Pamungkas nampak mengkhawatirkan lantaran seret gol.

Liga 1 2018, Bambang Pamungkas yang bermain dalam 24 laga, hanya bisa membukukan lima gol. Musim berikutnya yang mana Persija Jakarta berhasil keluar sebagai juara Liga 1 2018, Bambang Pamungkas cuma mencetak satu gol dari 13 penampilan.

Musim ini kisah yang sama terulang kembali. Bambang Pamungkas baru bermain dalam sepuluh laga Liga 1 2019 dan belum bisa mencetak satu gol pun.

Padahal semasa masih muda dulu, Bambang Pamungkas terkenal sebagai penyerang garang. Misalnya saja ketika berkarier di Malaysia bersama Selangor FA pada 2005 silam, Bambang Pamungkas mampu mencetak 24 gol dalam 24 pertandingan dan menyabet gelar top skor.

Tanpa mengurangi rasa hormat atas segala kehebatannya, Bambang Pamungkas memang terlihat tak bisa berbuat banyak untuk Persija Jakarta lagi. Ketika tidak dimainkan, Bambang Pamungkas lebih banyak menonton teman-temannya bertanding dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan saja.

Faktor itu mungkin bisa menguatkan alasan Persija Jakarta untuk melepas Bambang Pamungkas. Atau minimal, membiarkan Bambang Pamungkas pensiun di Persija Jakarta pada akhir musim nanti.

Namun perlu diingat lagi, Bambang Pamungkas merupakan seorang legenda hidup Persija Jakarta. Ia pernah menjadi pemain terbaik Liga Indonesia saat membawa Persija Jakarta menjuarai Liga Indonesia 2001 silam.

Bambang Pamungkas juga tergolong sangat lama bergabung dan menjadi ikon Persija Jakarta. Berdasarkan catatan sejarah, Bepe diketahui sudah dalam tiga periode berseragam Macan Kemayoran, yakni 2000-2005, 2007-2012, serta 2015-sekarang.

Maka dari itu, andai Persija Jakarta benar mau melepas Bambang Pamungkas, haruslah dengan cara yang terhormat. Sebenarnya lebih baik lagi jika menuruti caption unggahan Ramdani Lestaluhu di atas tadi, yakni mengizinkan Bambang Pamungkas tetap menjadi bagian dari Persija Jakarta apapun jabatannya nanti, entah pemain, staf pelatih, ataupun manajemen tim.