Bola Internasional

Jangan Kaget, Ini Alasan Kamboja Bisa Permalukan Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-19

Sabtu, 9 November 2019 11:41 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah hasil mengejutkan tersaji di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Kamboja yang biasanya dikenal sebagai tim lemah mampu mengalahkan Thailand dengan skor 2-1, Jumat (09/11/19).

Dua gol Kamboja berhasil dicetak oleh Samel Met dan Sieng Chanthea di babak pertama. Sementara Thailand hanya mampu membalas satu gol lewat Channarong Promsrikaew 10 menit menjelang laga usai.

Secara hasil, tentu mengejutkan. Namun, jika dilihat secara persiapan, hasil tersebut layak untuk tim Kamboja. Sebab, mereka telah tertempa dengan sebuah kompetisi profesional.

Dilansir dari Vocketfc, Para pemain Timnas Kamboja U-19 ini mengikuti C-League alias kompetisi kasta teratas sepak bola Kamboja musim 2019. Mereka menggunakan nama Bati Youth.

© Vocketfc.com
Bati Youth saat berlaga di C-League 2019. Copyright: Vocketfc.comBati Youth saat berlaga di C-League 2019.

Bati Youth yang berisikan para pemain 'bocah' itu tentu hanya menjadi bulan-bulanan di C-League 2019. Dari 26 pertandingan, mereka bahkan cuma mampu menang sekali, sekali imbang, dan sisanya kalah.

Bati Youth pun mengakhiri C-League musim 2019 di posisi juru kunci dengan perolehan poin empat saja. Namun, kompetisi itu tampaknya telah membantu membentuk mental para pemain.

Terbukti, Kamboja mampu meraih kemenangan atas Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Dan jika dibilang hanya keberuntungan dirasa kurang pas karena ini bukan kali pertama.

Kamboja sudah membuat kejutan sejak Piala AFF U-18 2019. Walau tidak keluar sebagai juara, mereka mampu meraih kemenangan atas Vietnam (1-2) dan Thailand (3-4).

Di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 2022, Kamboja saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara dengan raihan enam poin. Mereka tertinggal tiga poin dari Malaysia di pucuk.