Liga Indonesia

Menerka Starting XI yang Bakal Diandalkan Caretaker Timnas Indonesia Yeyen Tumena

Sabtu, 9 November 2019 15:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Ilustrasi/Grafis/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Racikan Yeyen Tumena Copyright: © Ilustrasi/Grafis/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Racikan Yeyen Tumena

INDOSPORT. COM - Yeyen Tumena, caretaker pelatih Timnas Indonesia harus menentukan komposisi starting XI andalannya saat nanti bertugas di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia.

Perubahan besar segera menghampiri tubuh Timnas Indonesia. Posisi Simon McMenemy di kursi kepelatihan dicopot, dan akan digantikan dengan juru taktik baru.

PSSI sedang mencari nama anyar yang akan menukangi Timnas Indonesia. Sembari menunggu keputusan PSSI, Simon McMenemy masih akan menjalani tugas terakhirnya sebagai pelatih kepala dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, 19 November 2019 mendatang.

Namun Simon McMenemy dikabarkan enggan melaksanakan kewajiban terakhirnya itu. Jabatan pelatih kepala pun rencananya akan diberikan kepada caretaker Yeyen Tumena, yang sebelumnya merupakan asisten Simon McMenemy.

Andai ke depannya benar terjadi, Yeyen Tumena jelas akan mengemban tanggung jawab besar. Terutama bila melihat peforma Skuat Garuda yang empat kali kalah beruntun dan terseok-seok di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Yeyen Tumena harus bisa menentukan starting XI terbaik yang bisa mengalahkan Malaysia. Setidaknya ada raihan poin terlebih dahulu dari Yeyen Tumena, sebelum pelatih baru pilihan PSSI datang.

Melihat segala penjabaran di atas, INDOSPORT lantas coba membuat perkiraan starting XI Timnas Indonesia racikan Yeyen Tumena. Mari simak ulasannya berikut.

Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Racikan Yeyen Tumena

Formasi 3-4-3

Kiper: Teja Paku Alam

Teja Paku Alam sepertinya akan diandalkan Yeyen Tumena sebagai kiper utama Timnas Indonesia. Asumsi ini tak lepas dari gemilangnya peforma Teja di Liga 1 2019.

Menurut situs Liga Indonesia, Teja merupakan kiper Liga 1 2019 dengan jumlah penyelamatan terbanyak, yakni 83 buah. Ia unggul jauh dari kiper langganan Timnas Indonesia lainnya, Muhammad Ridho, yang cuma bisa mencatatkan 69 penyelamatan.

Bek: Yanto Basna, Hansamu Yama, Otavio Dutra

Tiga pemain bertahan dalam formasi 3-4-3, haruslah diisi oleh para bek tangguh. Khusus untuk sektor belakang ini, Yeyen Tumena sepertinya akan mengandalkan trio Yanto Basna, Hansamu Yama, dan Otavio Dutra.

Yanto Basna kualitasnya sebagai bek sudah diakui hingga ke Thailand sana. Buktinya saja pada tahun 2019, Yanto Basna bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Thailand, Sukhothai FC.

Kalau Hansamu Yama, namanya kerap diandalkan Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional, seperti Piala AFF 2016, Asian Games 2018, dan Piala AFF 2018. Jam terbang Hansamu itu pun dipercaya bakal diandalkan penuh oleh Skuat Garuda.

Sementara nama terakhir, Otavio Dutra punya kedekatan dengan Yeyen Tumena. Keduanya sama-sama pernah bekerja di tempat yang sama pada tahun 2017 lalu, yakni membela klub Liga 1 Bhayangkara FC.

Gelandang: Ricky Fajrin, Fadil Sausu, Abdul Aziz, Ruben Sanadi

Urusan gelandang, dua pemain yang menempati sektor sayap sepertinya akan lebih bertipe bertahan. Yeyen Tumena mungkin bakal mengandalkan Ricky Fajri pada sayap kanan, dan Ruben Sanadi beroperasi melalui sayap kiri.

Fajrin musim ini penampilannya terbilang konsisten bersama Bali United. Ia total sudah mengoleksi 18 penampilan serta mencetak dua fik,

Kalau Sanadi, punya kecepatan yang akan menyisir sayap kiri. Kelincahan Sanadi juga sangat berguna andai Timnas Indonesia mendapat tekanan bertubi-tubi dari lawan.

Dua gelandang lainnya, akan berpotensi memasangkan duet Abdul Aziz dan Fadil Sausu. Keduanya belakangan memang sedang menunjukkan perkembangan karier luar biasa.

Abdul Aziz belakangan tampil bersinar bersama Persib Bandung. Pemain yang telah mencatatkan 18 penampilan musim ini, mampu membawa Persib Bandung tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir, dengan rincian empat kali menang dan sekali imbang.

Sementara Fadil Sausu yang merupakan kapten Bali United, sukses mengantarkan klubnya memuncaki klasemen. Apalagi Fadil Sausu juga punya keahlian lebih dalam mengeksekusi bola mati.

© Ilustrasi/Grafis/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Racikan Yeyen Tumena Copyright: Ilustrasi/Grafis/Eli Suhaeli/INDOSPORTPrakiraan Starting XI Timnas Indonesia Racikan Yeyen Tumena

Penyerang: Riko Simanjuntak, Titus Bonai, Febri Hariyadi

Berlanjut ke sektor penyerang, Yeyen Tumena sepertinya bakal mengandalkan trio bomber yang lincah-lincah. Ada tiga nama yang bisa langsung dicoba Yeyen Tumena, yakni Riko Simanjuntak, Titus Bonai, dan Febri Hariyadi.

Riko Simanjuntak reputasinya tak perlU diragukan lagi. Buktinya Riko berhasil masuk ke dalam jajaran 11 pemain terbaik Piala AFF 2018.

Titus Bonai peformanya musim ini kembali menawan. Peran Titus Bonai untuk Persipura Jayapura sudah menghasilkan 12 gol, atau yang tertajam di antara penyerang lokal lainnya.

Terakhir, nama Febri Hariyadi mungkin menjadi pelengkap penyerang lincah Timnas Indonesia racikan Yeyen Tumena. Febri kini total telah mencetak sembilan gol serta lima assists untuk klubnya, Persib Bandung.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%