Liga Indonesia

Panggil 23 Pemain, Ini 3 Opsi Starting XI yang Mungkin Diterapkan Timnas Indonesia

Minggu, 10 November 2019 19:43 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sejumlah opsi starting XI mungkin bisa diterapkan Timnas Indonesia dengan 23 nama pemain yang dipanggilnya baru-baru ini. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sejumlah opsi starting XI mungkin bisa diterapkan Timnas Indonesia dengan 23 nama pemain yang dipanggilnya baru-baru ini.

INDOSPORT. COM - Sejumlah opsi starting XI mungkin bisa diterapkan Timnas Indonesia dengan 23 nama pemain yang dipanggilnya baru-baru ini untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia level senior, tak lama lagi akan kembali mentas di kancah internasional. Menurut jadwal yang telah beredar, 19 November 2019 mendatang Timnas Indonesia bakal bertandang ke Bukit Jalil Stadium, guna jumpa Malaysia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Melihat hari pertandingan yang semakin dekat, Timnas Indonesia tentu perlu memulai persiapan. Setidaknya Skuat Garuda kini sudah memanggil 23 nama pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan.

Namun persiapan sangat haram bila hanya berhenti sampai di situ saja. Yeyen Tumena selaku caretaker atas terdepaknya Simon McMenemy, harus mulai merencanakan starting XI dan skema yang akan dipakai untuk Timnas Indonesia.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT pun lantas coba memberikan sejumlah opsi prakiraan starting XI yang mungkin diandalkan Yeyen Tumena. Mari simak bersama ulasan berikut.

3-4-3

Formasi 3-4-3 merupakan skema yang sudah identik dengan caretaker Yeyen Tumena. Menurut data dari situs Transfermarkt, Yeyen Tumena telah beberapa kali menerapkan formasi ini semasa masih membesut Bhayangkara FC, Agustus lalu.

Skema 3-4-3 pun diyakini bakal diterapkan pula saat Yeyen Tumena bertugas di Timnas Indonesia. Berikut prakiraan starting XI Timnas Indonesia dengan formasi 3-4-3.

3-4-3: Teja Paku Alam; Yanto Basna, Otavio Dutra, Victor Igbonefo; Rizky Pora, Muhammad Tahir, Hendro Siswanto, Ardi Idrus; Greg Nwokolo, Lerby Eliandry, Febri Hariyadi.

4-3-3

Yeyen Tumena selaku caretaker yang menggantikan Simon McMenemy, juga berpeluang menerapkan skema 4-3-3. Dulu semasa masih menukangi Bhayangkara FC, Yeyen Tumena pernah dua kali menggunakan skema ini.

Hal yang sama diprediksi akan terjadi saat Yeyen Tumena bertugas bersama Timnas Indonesia. Yeyen Tumena bakal mengandalkan skema 4-3-3 dengan prakiraan starting XI seperti berikut.

4-3-3: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Victor Igbonefo, Otavio Dutra, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Septian David Maulana, Muhammad Tahir; Dendi Santoso, Irfan Bachdim, Greg Nwokolo.

4-4-2

Beberapa waktu belakangan, nama calon pelatih anyar Timnas Indonesia yang benar-benar akan menggantikan Simon McMenemy, mengarah kepada juru taktik Korea Selatan, Shin Tae-yong. Melihat formasi kesukaan Shin Tae-yong ada pada skema 4-4-2, mungkin Yeyen Tumena selaku caretaker sementara juga akan menerapkannya esok.

Bila benar Yeyen Tumena bakal menerapkan skema ini, berarti dirinya sedang mempersiapkan transisi antara era McMenemy, menuju pelatih baru Shin Tae-yong. Berikut prakiraan starting XI Timnas Indonesia dengan skema 4-4-2.

4-4-2: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Otavio Dutra, Yanto Basna, Ardi Idrus; Rizky Pora, Bayu Pradana, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Irfan Bachdim, Lerby Eliandry.