Liga Indonesia

Pluim Absen, Ini Prediksi Starting Eleven PSM Lawan Kalteng Putra

Minggu, 10 November 2019 08:18 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Media PSM Makassar
PSM Makassar menggelar official training di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (9/11/19). Copyright: © Media PSM Makassar
PSM Makassar menggelar official training di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (9/11/19).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar dipastikan tidak diperkuat Wiljan Pluim saat melawan Kalteng Putra dalam laga tunda pekan ke-10 Shopee Liga 2019. Tanpa gelandang kreatifnya itu, begini prediksi starting eleven Pasukan Ramang melawan Kalteng Putra.

PSM Makassar bakal bertemu Kalteng Putra lagi, kali ini di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (10/11/19) malam nanti, pada laga tunda pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019.

Empat hari lalu tepatnya Rabu (06/11/19) di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging (AMM), Makassar, Pasukan Ramang sukses menaklukkan Laskar Isen Mulang (julukan Kalteng Putra) dengan skor 2-1.

Namun pada laga nanti, PSM Makassar tidak diperkuat gelandang asal Belanda tersebut yang harus absen akibat cedera engkel di kaki kanannya kambuh.

Cedera engkel Wiljan Pluim kambuh setelah ditekel gelandang Kalteng Putra, Michael Rumere, dimenit ke-87 pada laga yang digelar di Stadion AMM pada Rabu lalu.

"Kami tidak akan memainkan starting eleven yang sama saat melawan Kalteng Putra empat hari lalu," ungkap pelatih Darije Kalezic, Sabtu (09/11/19).

© PSM Makassar
Darije Kalezic dalam jumpa pers jelang melawan Kaya FC Copyright: PSM MakassarPelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Oleh karena itu, pada laga nanti Darije telah menyiapkan dua gelandang untuk menggantikan peran Pluim, keduanya yakni Rasyid Bakri dan Raphael Maitimo.

Rasyid dan Maitimo diprediksi bakal menggantikan peran Pluim sebab keduanya telah mengemban tugas tersebut pada beberapa laga sebelumnya.

Rasyid telah empat kali menggantikan peran Pluim yang mengalami cedera saat melawan Badak Lampung FC, Tira Persikabo, Bali United, dan Borneo FC.

Pluim absen akibat menderita cedera lutut melawan Badak Lampung FC dan Tira Persikabo. Sedangkan dua laga lainnya terkendala akibat mengalami cedera engkel.

© ary_photo
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim. Copyright: ary_photoGelandang serang PSM Makassar, Wiljan Pluim dipastikan absen saat melawan Kalteng Putra.

Sementara Raphael Maitimo menggantikan peran Wiljan Pluim baru sekali saat melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, akibat terkena akumulasi kartu kuning.

Namun pada laga nanti, peluang Rasyid Bakri untuk dimainkan lebih kecil dibandingkan Maitimo jika melihat catatan menit bermain kedua pemain tersebut pada 13 laga terakhir PSM.

Sejak direkrut pada jendela transfer putaran kedua Liga 1 2019, Rabu (28/8/19) lalu, Raphael Maitimo lebih dipercaya untuk bermain dibandingkan Rasyid Bakri.

Pemain naturalisasi tersebut telah dimainkan sebanyak 12 kali dari 13 laga sejak direkrut dengan total 588 menit bermain.

Sementara Rasyid Bakri, hanya bermain sebanyak enam kali dari 13 laga dengan total menit bermain 157 menit sejak direkrutnya Maitimo.

Meski demikian, catatan tersebut belum memastikan pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic benar-benar akan memainkan Raphael Maitimo dibandingkan Rasyid Bakri melawan Kalteng Putra dalam laga tunda Shopee Liga 2019 pekan ke-10 sore nanti.

Prediksi Starting Eleven PSM Makassar Melawan Kalteng Putra:

Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Marc Klok, Raphael Maitimo; Zulham Zamrun, Amido Balde, Rizky Eka Pratama.