Bola Internasional

Serupa Bagas-Bagus, 5 Pemain Kembar Dunia Cetak Gol Bersama di Laga Resmi

Minggu, 10 November 2019 18:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Ada 5 pemain sepak bola kembar dunia yang pernah mencetak gol bersama dalam satu pertandingan di laga resmi, serupa Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Ada 5 pemain sepak bola kembar dunia yang pernah mencetak gol bersama dalam satu pertandingan di laga resmi, serupa Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa.

INDOSPORT.COM - Ada lima pemain sepak bola kembar dunia yang pernah mencetak gol bersama dalam satu pertandingan di laga resmi, serupa Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa.

Diketahui Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa baru saja membuat torehan apik ketika mampu membuat gol dalam satu pertandingan di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Keduanya mencetak gol ketika timnas Indonesia U-19 bersua Hong Kong di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat (9/11/19) malam. 

Bagas Kaffa mencetak gol pada menit ke-25 lalu Bagus Kahfi membuat gol juga lewat eksekusi penalti pada menit ke-90+4. Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hong Kong.

Meski demikian, Bagus dan Bagas ternyata pernah melakukan hal serupa ketika masih membela timnas Indonesia U-16 di ajang Piala Asia 2018.

Saat itu, timnas Indonesia U-16 bersua Iran dan berakhir 2-0 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9/18).

Bagus mencetak gol pada menit ke-4 sedangkan Bagas mengemas gol pada menit ke-90+1. Torehan ini menjadi sejarah penting bagi dunia sepak bola Indonesia.

Kendati begitu pada kenyataannya, tak hanya Bagas dan Bagus saja yang pernah melakukan hal tersebut. Ada pemain sepak bola kembar lainnya di belahan bumi lain.

Berikut deretan pemain sepak bola kembar yang pernah mencetak gol secara bersama di pertandingan resmi. Simak utas di bawah ini.

1. Frank dan Ronald de Boer

© JOE GILGUN/GETTY IMAGES
Caption Copyright: JOE GILGUN/GETTY IMAGESFrank de Boer pernah mencetak gol dalam satu laga bersama kembarannya Ronald de Boer.

Pemain sepak bola dunia kembar Frank de Boer dan Ronald de Boer diketahui memang kerap bermain bersama dalam satu tim sepanjang karier mereka.

Keduanya sempat mencetak gol bersama ketika membela Ajax Amsterdam pada 1994-1995. Saat itu korbannya adalah Willem II (7-0) dan Volendam (4-1).

Selain itu pada musim 1995-1996, baik Frank dan Ronald de Boer juga melakukan hal serupa ketika bersua Fortuna Sittard (4-0) dan Volendam (4-0).

Keduanya menjadi pemain kembar pertama dunia yang mencetak gol bersama dalam satu laga resmi, khususnya di level klub.

2. Damiano dan Cristiano Zenoni

© Football Italia
Cristiano Zenoni. Copyright: Football ItaliaCristiano Zenoni.

Selain itu pemain sepak bola kembar dunia yang juga pernah mengemas gol bersama dalam satu pertandingan datang dari Italia, yakni Damiano Zenoni dan Cristiano Zenoni.

Hal itu terjadi ketika keduanya membela Atalanta di Serie B Liga Italia 1998-1999. Keduanya mencetak gol saat melawan Lucchese dan berakhir dengan skor 2-2.

3. Hossam dan Ibrahim Hassan

© Red Bull
Hossam Hassan. Copyright: Red BullHossam Hassan.

Berikutnya ada pemain kembar dari Asia, tepatnya Mesir, yakni Hossam Hassan dan Ibrahim Hassan. Keduanya juga sempat mencetak gol bersama.

Hossam dan Ibrahim membuat gol tersebut kala Mesir vs Namibia di Kualifikasi Piala Dunia 1998 silam. Laga tersebut berakhir dengan skor 7-1.

Bahkan bisa disebut Hossam dan Ibrahim adalah pemain kembar dunia pertama yang mencetak gol di level tim nasional, terlebih levelnya menjelang Piala Dunia.

4. Hamit dan Halil Altintop

© Twitter.com/championsleague
Hamit dan Halil Altintop.. Copyright: Twitter.com/championsleagueHamit dan Halil Altintop..

Selanjutnya ada Hamit dan Halil Altintop yang juga pernah melakukan urusan mencetak gol bersama sebagai pemain kembar asal Turki kala membela klub serupa.

Hal itu terjadi ketika Hamit dan Halil membela klub Liga Jerman Wattenscheid di ajang Regionalliga 2002-2003. Mereka bahkan mengemasnya tiga kali.

Erzgebirge Aue (5-2), Chemnitzer FC (3-0), dan Koeln (3-3) adalah korban dari Hamit dan Halil dalam urusan mencetak gol bersama dalam satu laga.

5. Antonio dan Emanuelle Filipini

© Alchetron
Antonio Filipini. Copyright: AlchetronAntonio Filipini.

Terkahir pemain kembar asal Italia, yakni Antonio dan Emanuelle Filipini. Keduanya sempat mencetak gol bersama dalam satu laga resmi.

Kala itu, keduanya membela Palermo di ajang Serie B Liga Italia 2003-2004. Korban dari Antonio dan Emanuelle Filipini adalah Catania (5-0).

Barusan adalah deretan pemain kembar yang pernah mencetak gol bersama dalam laga resmi, serupa Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa ketika bersama timnas Indonesia U-19.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%