Liga Indonesia

Aji Kurniawan dan 2 Pemain Kelahiran 2000-an yang Cetak Gol di Liga 1 2019

Senin, 11 November 2019 09:40 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© PSM Makassar/bola.dbasia.news/
Aji Kurniawan, Gunansar Mandowen, dan Hambali Tolib Copyright: © PSM Makassar/bola.dbasia.news/
Aji Kurniawan, Gunansar Mandowen, dan Hambali Tolib

INDOSPORT.COM - Duel Kalteng Putra vs PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (10/11/19), menjadi panggung untuk pemain muda Aji Kurniawan.

Ya, laga tunda pekan ke-10 tersebut menjadi sejarah bagi Aji. Pemain kelahiran 1 Juli 2000 milik PSM itu mencetak gol perdananya di ajang Shopee Liga 1 2019.

Dalam prosesnya, ia berhasil melewati Abdul Rahman Abanda untuk menyambut umpan Raphael Maitimo. Dengan sekali kontrol, Aji melepaskan tendangan voli sambil menjatuhkan badan yang bersarang ke pojok kanan atas gawang.

Meski tidak mampu menyelamatkan PSM dari kekalahan 1-3, Aji berhasil berhasil mengukir rekor unik. Ia menjadi pemain kelahiran era 2000-an yang mencetak gol di Liga 1 2019.

Rupanya, pemain asal Kabupaten Maros itu bukanlah pemain pertama yang masuk ke dalam daftar rekor tersebut. Terdapat dua pemain yang mendahului Aji Kurniawan.

Lalu, siapa sajakah dua pemain tersebut? Berikut INDOSPORT.com merangkum untuk Anda:

1. Hambali Tolib (Persela Lamongan/Gelandang Serang)

© Instagram/@perselafc
Pemain muda Persela Lamongan Muhammad Hambali Tolib. Copyright: Instagram/@perselafcPemain muda Persela Lamongan Muhammad Hambali Tolib.

Hambali Tolib menjadi pemain pertama yang mengukir rekor ini. Ia mencetak gol saat Persela Lamongan melawan Arema FC dipekan ke-3 Liga 1 2019, Senin (27/5/19).

Pemain kelahiran 20 Juni 2000 itu mencetak satu gol dimenit ke-25. Itu berarti, gol tersebut terjadi saat pemain yang pernah menimba ilmu di Eropa berusia 18 tahun 351 hari.

Gol Hambali ke gawang Arema FC terbilang fantastis. Sebab ia mengelabui Ricky Kayame dan Arthur Cunha sebelum melepaskan placing mendatar ke sudut kanan bawah gawang.

2. Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura/Penyerang Sayap)

© Galery_Persipura
Pemain Muda Persipura, Gunansar Mandowen Copyright: Galery_PersipuraPemain Muda Persipura, Gunansar Mandowen

Pemain kelahiran 14 November 2000 menjadi pemain kedua yang masuk ke dalam daftar. Gunansar mencetak gol melawan Badak Lampung FC dipekan ke-8, Rabu (10/7/19).

Gunansar mencetak gol perdananya di Liga 1 2019 saat ia berumur 17 tahun 238 hari. Ia pun menjadi pemain termuda yang mencetak gol di musim ini.

Pemain bertubuh mungil itu pun tidak ingin kalah dari Hambali dalam mengukir gol pertamanya. Gunansar mencetak gol lewat tendangan cannon ball dari luar kotak penalti yang merobek gawang Badak Lampung FC.

Hebatnya lagi, gol tersebut bukanlah satu-satunya yang dibuat Gunansar di musim ini. Sejauh ini, ia telah mengemas 3 gol dan 2 asis dari 21 laga bersama Mutiara Hitam.