Liga Indonesia

Ini Penyebab Kekalahan PSM Makassar dari Kalteng Putra di Liga 1

Senin, 11 November 2019 06:29 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Coro Mountana
© Media PSM Makassar
Konferensi pers PSM Makassar sebelum melawan Kalteng Putra. Copyright: © Media PSM Makassar
Konferensi pers PSM Makassar sebelum melawan Kalteng Putra.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar ditaklukkan Kalteng Putra dengan skor telak 1-3 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (10/11/19) dalam lanjutan Liga 1. Kekalahan itu ternyata disebabkan oleh kelengahan Marc Klok dkk di awal laga.

Tiga gol Laskar Tuah Pahoe diciptakan oleh Elthon Maran (5'), Eydison Soares (23'), dan Takuya Matsunaga (82'). Sedangkan satu gol balasan Pasukan Ramang dicetak oleh pemain belia Aji Kurniawan dimenit ke-39.

PSM telah kebobolan di menit ke-5 melalui sontekan Elthon Maran menyambut tendangan bebas sang kapten I Gede Sukadana. Kiper Rivky Mokodompit bahkan terperangah melihat gawangnya bergetar.

"Kami tidak memulai laga sesuai keinginan dengan memberikan tendangan bebas percuma di periode awal laga," ungkap pelatih Darije Kalezic menyikapi gol tersebut saat konferensi pers pasca laga.

Pelatih sepakbola 50 tahun ini sangat menyayangkan gol tersebut dan kecewa terhadap pemainnya. Sebab, Darije telah memperingatkan pemainnya untuk tidak membuat pelanggaran cuma-cuma di area jantung pertahanan sendiri.

"Hal itu sudah kami bicarakan sebelum laga dimulai dan 25 menit pertama menjadi periode buruk di mana kami kebobolan dua gol. Itu membuat kami kesulitan mengembalikan permainan," jelas mantan pelatih Jong PSV ini.

Atas kekalahan ini, Darije memberikan selamat kepada Kalteng Putra yang telah menuntaskan misi balas dendam dengan pesta gol. Ia juga mendoakan Kalteng Putra agar tetap bertahan di Liga 1.

PSM Makassar masih tertahan di peringkat kesembilan di klasemen sementara Liga 1 2019. Pasukan Ramang mengoleksi 36 poin dari 25 laga yang telah dimainkan selama ini.